sign up SIGN UP search


parenting

Sisi Positif Mengajari Anak Berbalas Pesan Teks

Asri Ediyati Jumat, 06 Apr 2018 07:05 WIB
Saat kita, orang tua mengajari anak berbalas pesan teks, ini sisi positifnya, Bun. caption
San Fransisco, AS - Seringkali kita menganggap saat anak main gadget akan membawa dampak yang negatif. Misalnya anak jadi malas dan nggak fokus. Tapi dalam konteks lain, aplikasi teks seperti SMS atau chatting bisa membantu anak-anak belajar membaca lebih baik lho.

Inilah yang diketahui oleh para peneliti di Stanford University ketika mereka mempelajari dampak pesan teks atau aplikasi chat berkaitan dengan kemajuan kemampuan membaca anak-anak. Dalam penelitian, mereka menilai bahwa anak yang orang tuanya sering mendapat pesan teks pribadi jauh lebih terampil dan kemampuan bacanya lebih tinggi dibanding anak-anak yang orang tuanya jarang menerima pesan teks.

"Hasilnya cukup mengejutkan. Meskipun SMS atau chat kadang-kadang dinilai negatif karena bisa mengurangi frekuensi tatap muka, SMS atau chat bisa menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca," kata peneliti Christopher Doss, penulis penelitian di Stanford University, dikutip dari Market Watch.


Para peneliti dalam studi ini meneliti 794 keluarga di San Francisco, AS selama 10 bulan. Keluarga dibagi menjadi tiga kelompok. Satu kelompok hanya mendapat beberapa pesan teks dengan informasi umum tentang sekolah, seperti informasi tentang bagaimana makanan di sekolah dimasak. Kelompok lain mendapat pesan teks tiga kali seminggu.



Hasilnya, anak-anak yang orang tuanya menerima pesan lebih banyak menunjukkan kemampuan membaca yang meningkat pesat dalam waktu sepuluh bulan. Studi peneliti di Stanford yang ditulis bersama peneliti lain menilai kalau menggunakan pesan teks dapat membantu anak untuk meningkatkan pembelajaran di sekolah.

Mengirim SMS atau chat memang memungkinkan anak-anak kita terhubung dengan dunia luar dengan cara yang baru. Anak juga mau nggak mau dipaksa untuk menggunakan keterampilan membaca dan menulis bahkan ketika mengirim pesan.

Meskipun bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan membaca, sebagai orang tua, kita perlu menentukan apakah anak sudah siap untuk menggunakan aplikasi pesan teks atau SMS ya. Karena terkadang di luar kontrol kita, Bun, jika mereka sudah menggunakan gadgetnya sendiri. Demikian dikutip dari Surf Net Kids.

(rdn)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!