sign up SIGN UP search


parenting

Berartinya Kehadiran Orang Tua Saat Anak Tampil di Acara Sekolah

Radian Nyi Sukmasari Senin, 09 Apr 2018 08:03 WIB
Kehadiran Bunda dan Ayah pasti sangat penting bagi anak ketika mereka tampil di acara sekolah. caption
Jakarta - Tiap tahun, biasanya anak-anak bakal tampil di acara sekolahnya. Misalnya mereka melakukan pertunjukan tari, musik, atau operet. Nah, kehadiran sang bunda dan ayah pastinya amat dinantikan anak.

Diungkapkan Kepala Sekolah TK Islam Al Azhar 1 Kebayoran Baru Harlawati S.Pd yang akrab disapa Lala, kehadiran orang tua penting banget ketika anaknya tampil di acara sekolah. Bahkan meski si anak usianya baru 4-5 tahun.

"Pertama kehadiran orang tua bisa memberi motivasi untuk anak. Anak sudah berani tampil, ortu lihat, anak lebih percaya diri. Saya bilang mereka sudah berani mengungkapkan, berani tampil di acara sekolah," kata Lala waktu ngobrol sama HaiBunda di sela-sela Pentas Seni Akhirusannah TK Islam Al Azhar 1 Kebayoran Baru baru-baru ini.


"Di TK paling penting pembelajaran bukan membaca atau menulis tapi dasar-dasar. Kalau di kami terutama akhlak yang baik, karakter. Dan kehadiran ortu di saat pentas seni anak kayak gini sangat penting, kita pengen ortu kasih support anaknya," lanjut Lala.



Menurut pengalamannya selama lima tahun menjadi kepala sekolah di TK Islam Al Azhar 1 Kebayoran Baru, pernah tuh, Bun, di kegiatan lain anak akan tampil dan orang tua diundang. Ada seorang anak yang pas latihan semangat banget karena saat itu orang tuanya bilang bakal datang. Tapi pas di hari H si orang tua mendadak nggak bisa datang.

Harlawati S.Pd, Kepsek TK Islam Al Azhar 1 Kebayoran BaruHarlawati S.Pd, Kepsek TK Islam Al Azhar 1 Kebayoran Baru /Foto: Radian Nyi S


Kata Lala, saat si anak tampil, performanya benar-benar mundur, nggak sebagus saat latihan. Soalnya, pas di hari H si anak tahu orang tua teman-temannya datang tapi orang tua dia nggak datang.

"Makanya di awal tahun kan ada kalender pendidikan, kita sampaikan ke ortu yang wajib mereka datang itu ketika bagi rapor, family gathering dan pentas seni. Lain kalau TK B ada manasik haji bisalah diwakili. Kalau pentas seni gini ini mereka wajib datang. Minimal salah satu, ayah atau bundanya," lanjut Lala.

Dia menambahkan, selain mensupport anak-anak, kehadiran orang tua saat anak tampil di acara sekolah juga bisa jadi bentuk komunikasi antara orang tua dan pihak sekolah. Seperti kata Lala, Bun, komunikasi yang baik bisa jadi kunci kerja sama pihak sekolah dan orang tua. Dengan hadir ke acara sekolah para orang tua bisa kenal dan menjalin silaturahmi dengan pihak sekolah juga orang tua murid lainnya.

Kalau Bunda dan Ayah gimana? Selalu menyempatkan hadir pas anak ada acara di sekolah nggak?

(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi