parenting

Kisah Anak Will Smith yang Pernah Menyakiti Diri Sendiri

Amelia Sewaka Jumat, 18 May 2018 09:06 WIB
Kisah Anak Will Smith yang Pernah Menyakiti Diri Sendiri
Jakarta - Los Angeles, California - Pernah tahu istilah, terkenal nggak menjamin bahagianya seseorang kan, Bun? Bisa jadi ini yang dialami anak dari aktor papan atas Will Smith, Willow Smith.

Willow menyakiti dirinya sendiri dengan menyayat pergelangan tangannya. Apa yang dilakukan Willow nggak diketahui orang tuanya. Pengakuan ini diungkapkan Willow saat dia dan sang ibu, Jada Pinkett Smith, mengisi salah satu acara di program televisi. Jelas banget, sang ibu kaget, Bun.

Willow yang sekarang berusia 17 tahun berkata bahwa semuanya berawal ketika single-nya 'Whip My Hair' booming dan dia jadi pusat perhatian pada usianya yang baru 9 tahun. Situasi itu dikaui Willow membuat kondisi psikisnya nggak stabil. Sejak itu, ia berhenti belajar menyanyi dan ia seperti berada di area 'abu-abu' atau seperti mencari jati dirinya, 'Siapa aku?', 'Apa tujuanku?', 'Apa lagi yang harus kukerjakan setelah ini?'.




"Setelah tur dan promosi di mana-mana, mereka ingin aku menyelesaikan albumku. Dan aku seperti nggak mau melakukan itu semua. Setelah itu, aku semacam 'melarikan' diri dan banyak mendengar jenis musik gelap. Aku terjerumus ke lubang hitam dan mulai menyayat diri," ungkap adik dari Jaden Smith ini, dilansir Today.

Dengan kaget, sang ibu pun bertanya, di bagian mana ia menyayat dirinya karena bahkan Jada pun nggak tahu anaknya sudah ditahap menyakiti diri sendiri. Dijawab oleh Willow bahwa ia menyayat bagian pergelangan tangannya.

"Aku seperti hilang kewarasan pada saat itu. Aku tidak pernah bicarakan ini karena ini seperti titik pendek teraneh dalam hidupku," ungkap Willow.

Willow juga mengakui bahwa ia mengalami banyak masalah emosional yang nggak bisa dia ceritakan ke ayah dan ibunya. Willow akhirnya berhenti menyakiti dirinya sendiri setelah berpikir perilakunya tersebut adalah 'psychotic'. Di bulan November 2017 Willow bahkan mengatakan tumbuh di tengah sorotan banyak orang sangatlah mengerikan.

Ternyata nggak cuma Willow, sang ibu pun pernah melewati masa-masa krisis itu. Jada mengakui ia juga pernah yang namanya 'bertarung' dengan kesehatan mental. Mungkin di luar orang-orang melihatnya selalu 'sempurna', baik sebagai ibu, istri maupun aktris, seperti nggak ada celah, Bun.

Tapi sebenarnya ia berjuang banget lho biar mentalnya tetap sehat, di tengah ia harus membesarkan anak-anaknya, bekerja keras dalam pernikahan dan co-parentingnya, dan banyak lagi yang ia kerjakan hingga ia di tahap ia tidak mengenali dirinya.

"Menyerah untuk membesarkan anak-anak adalah sebuah pertarungan. Hingga akhirnya saya bangun di suatu pagi dan bertanya pada diri sendiri, apa yang membuatku happy," kata Jada dikutip dari Moneyish.

Menurut The Child Mind Institute, seperempat remaja sengaja menyakiti diri mereka sendiri yang dipicu oleh peristiwa tertentu seperti perpisahan atau penolakan dari teman. Anak-anak muda ini sengaja menyakiti diri untuk meringankan tekanan emosi yang ia rasakan. Nah, Bunda perlu waspada nih kalau ada tanda ini pada anak kita karena bisa jadi mereka udah menyakiti dirinya sendiri:



1. Sering bicara soal menyakiti diri
2. Punya luka yang tidak kunjung sembuh
3. Bekas luka hanya di satu tempat
4. Mengisolasi diri
5. Mengenakan pakaian berlengan panjang meskipun dalam cuaca panas
6. Mengumpulkan alat tajam seperti pecahan kaca, peniti, gunting kuku, dan lainnya
7. Banyak memakai plester
8. Menghindari kegiatan sosial
9. Menolak ke sekolah

Nah, berbagai perawatan tersedia untuk anak-anak dan remaja yang melukai diri sendiri, termasuk terapi perilaku, terapi keluarga, dan pengobatan. Kalau dirasa anak mencurigakan dan mulai menyakiti diri sendiri segera evaluasi dan pergi ke profesional ya, Bun. (rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi