parenting

Alami Kondisi Jantung Langka, Bayi Ini Berhasil Bertahan Hidup

Asri Ediyati Senin, 28 May 2018 15:15 WIB
Alami Kondisi Jantung Langka, Bayi Ini Berhasil Bertahan Hidup
Nashville, Tennessee - Setiap orang tua menginginkan anaknya kelak lahir dengan selamat dan selalu dalam kondisi sehat. Seperti orang tua dari Nashville, Tennessee, Linda dan Clint Pilkinton yang begitu bersemangat menyambut anggota baru di keluarga. Namun, pada awal kehamilan, pasangan ini tahu bahwa calon bayinya akan membuat perubahan besar dalam hidup mereka, bahkan mungkin selamanya.

Di usia kehamilan 16 minggu, Linda dan Clint mengetahui bahwa si kecil yang diberi nama Luke ini akan memiliki sindrom jantung kiri hipoplastik, cacat bawaan yang jarang terjadi. Kondisi ini membuat sebagian jantung bayi kurang berkembang atau tidak ada sama sekali alias setengah utuh.

"Saya kaget, kagum dan tidak percaya, tiba-tiba perut saya mual. Saya hanya terengah-engah dan menangis. Saya tidak tahu cara menahannya dan saya tidak tahu apa yang harus saya lakukan dengan emosi saya," kata Linda dikutip dari People.


Menurut Center Disease and Control (CDC), sekitar satu dari 4.344 bayi yang lahir di AS setiap tahun didiagnosis dengan sindrom jantung kiri hipoplastik. Sekitar 960 bayi mengalaminya setiap tahun.

Linda dan Clint pertama kali membagikan kisah mereka melalui World of Broken Hearts dan Love What Matters setelah tahu bahwa ada peluang Luke dapat meninggal saat lahir dan jika dia selamat, dia mungkin membutuhkan tiga operasi jantung terbuka.

"Ini adalah ujian. Saya merasa tak berguna. Saya tidak bisa berpikir dengan benar. Saya merasa mati rasa. Saya merasa takut," kata Linda.



Luke lahir pada 21 Desember 2017. Linda cuma punya waktu 5 menit bersama Luke karena setelahnya Luke harus dibawa ke ruang perawatan. Pada usia satu minggu, Luke menjalani operasi jantung pertama dari tiga kali operasi dalam waktu hampir 12 jam.

Linda menghabiskan waktu itu di ruang tunggu, merasa nggak berdaya dan putus asa.

"Ketika operasi selesai, kami semua bersukacita. Saya menghembuskan napas lega. Saya senang dia selamat, bahwa dia berhasil. Kami berterima kasih atas tonggak besar yang ada di belakang kami," katanya dikutip dari Love What Matters.

Alami Kondisi Jantung Langka, Bayi Ini Berhasil Bertahan Hidup / Alami Kondisi Jantung Langka, Bayi Ini Berhasil Bertahan Hidup / Foto: Linda Pilkinton


Linda dapat membawa Luke pulang pada bulan Maret. Rencananya Luke akan menjalani operasi kedua pada awal bulan Mei. Dokter melakukan prosedur Glenn Shunt bi-directional untuk mengembalikan aliran darah yang tepat ke paru-paru Luke. Linda mengatakan bahwa meskipun dia lega prosedurnya berjalan dengan baik, sulit untuk melihat putranya menjalani operasi invasif seperti itu.

"Saya pikir, saya hanya menyerahkannya untuk dicabik-cabik," ujar Linda.

Luke akan menjalani operasi jantung terbuka ketiga ketika dia berusia minimal 3 tahun. Namun, terlepas dari rencananya, dia dan Clint masih merasa nggak yakin akan masa depan putra mereka.

"Tapi setidaknya saya merasa hidup kembali ketika Luke selamat. Saya tidak tahu apa yang akan terjadi dan itu menakutkan. Saya takut untuk terlalu mencintainya dan membuatnya (Luke) direnggut dari saya," tutup Linda.

(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi