sign up SIGN UP search


parenting

Olahraga Asyik Bareng Anak ala Jennifer Bachdim

Asri Ediyati Rabu, 30 May 2018 14:03 WIB
Nggak ada salahnya lho, mengajak anak olahraga bareng. Seperti yang dilakukan istri Irfan Bachdim, Jennifer Bachdim nih, Bun. caption
Jakarta - Berolahraga bareng anak, kenapa nggak? Seperti publik figur Jennifer Bachdim yang mengupayakan gaya hidup sehat dengan olahraga bersama suami dan anak-anaknya. Hmm, apa sih olahraga yang dilakukan Jennifer saat bersama si kecil?

Baru-baru ini Jennifer Bachdim memposting video dirinya melakukan olahraga simpel dengan putrinya, Kiyomi Sue Bachdim. Jennifer mengajak Kiyomi untuk berolahraga sambil menunggu waktu berbuka.

"Hi #fitsquad it's time for my first #Ramadan workout video this year with my lovely daughter @kiyomisuebachdim!. When are you guys working out during this holy month? What about a quick but intense and fun workout before buka puasa? Include your children for more fun, laughter and some bonding time together," tulis Jennifer di laman Instagramnya.


[Gambas:Instagram]


Jennifer mengungkapkan bahwa olahraga bisa menjadi ajang bonding bersama sang putri. Tampak di video, Kiyomi melakukan olahraga sambil bermain dengan bundanya. Mulai dari bermain tepuk tangan, membantu ibunya melakukan gerakan olahraga hingga melakukan skipping.

Dalam keterangan video tersebut, Jennifer menyebutkan masing-masing gerakan memiliki durasi 30 detik dengan jeda istirahat 10 detik. Gerakan olahraga yang ia lakukan adalah skipping rope, squat hold, sumo squat, high plank dan handstand hold.

Soal mengajak anak berolahraga, kita bisa melakukannya di manapun asalkan memiliki ruang yang cukup untuk melakukan gerakan olahraga tersebut, Bun. Biasanya tempat-tempat yang bisa Bunda pilih adalah di dalam ruangan rumah yang agak luas, di taman, roof top, atau teras rumah.

"Olahraga bersama anak lebih baik dilakukan dengan olahraga yang namanya functional movement atau functional training, jadi maksudnya gerakan-gerakan yang dilakukan sebenarnya gerakan-gerakan yang secara basic kita lakukan sehari-hari," kata Adianti, pendiri 'Fit Mum and Bub', yang rutin olahraga bareng anaknya.

Gerakan dasar yang bisa dilakukan misalnya squat. Iya, squat merupakan gerakan seperti saat kita akan mengambil barang, di mana dimulai dari jongkok dulu di bawah.

"Olahraga sambil bermain itu adalah gerakan-gerakan yang memang menstimulasi otot di setiap bagian tubuh anak, olahraga bersama anak kita bungkus dan dikemas seperti bermain," sambung Adianti.

Buat anak, bermain sambil olahraga juga banyak manfaatnya. Soalnya anak jadi banyak gerak, Bun. Ini seperti anjuran WHO bahwa anak-anak itu sebaiknya harus bergerak selama 60 menit sehari. Durasi 60 Menit merupakan gabungan pergerakan biasa hingga olahraga. Tidak perlu secara langsung untuk bergerak 60 menit, tapi bisa diakumulasikan dengan dibagi menjadi beberapa bagian seperti anak menonton TV dulu, lalu kita suruh bergerak jalan keluar atau dengan hal apapun. Jadi bisa dibagi-bagi waktunya ya, nggak langsung 60 menit si anak diminta bergerak.

(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi