Sign Up search


parenting

Cuaca Dingin Tapi Kok Anak Nggak Kedinginan Ya?

Radian Nyi Sukmasari Jumat, 01 Jun 2018 13:59 WIB
Cuaca Dingin Tapi Kok Anak Nggak Kedinginan Ya? caption
Jakarta - Pernah nggak, Bun, cuaca dingin karena hujan terus seharian tapi anak nggak mau pakai baju hangat karena nggak merasa dingin? Hmm, kadang heran dibuatnya.

Saya pernah mengalaminya ketika semua orang di rumah kedinginan, keponakan laki-laki saya yang umurnya 8 tahun dengan percaya diri tidur nggak pakai selimut. Ditambah lagi dia pakai celana pendek dan kaos tanpa lengan. Duh, kakak saya senewen deh.

Nah, saya berpikir kok bisa ya anak usia segini nggak ngerasa kedinginan. Padahal, orang dewasa di sekitarnya sampai menggigil kedinginan. Kalau kata psikolog Michelle Karavas orang tua mesti ingat bahwa secara umum anak-anak lebih aktif dari orang dewasa. Sehingga, mereka lebih jarang merasa kedinginan.


"Tapi kita perlu ingat juga bahwa beberapa anak dengan masalah sensori, nggak suka terlalu lama pakai baju yang berat," ujar Michelle dikutip dari Essential Kids.

Dia menyarankan ketika shoping coba ajak anak memilih pakaian hangat yang disuka dan pastinya nyaman buat mereka, Bun. Ketika anak sekolah atau kita ajak pergi supaya lebih tenang bawa aja baju hangat untuk jaga-jaga kalau anak kedinginan. Walaupun bukan nggak mungkin anak juga ogah-ogahan pakai baju hangat.



Pada dasarnya, Michelle bilang anak juga belajar tentang cuaca yang dingin dan mereka bisa merasakan itu. Toh anak kedinginan, mereka juga akan memberi tahu orang tuanya, kok.

Sementara itu, Profesor Merlin Thomas dari Monash University mengatakan kebanyakan anak yang merasa kedinginan akan berada di dalam ruangan dengan anak lain dan ada kemungkinan mereka berbagi kuman. Kata Prof Merlin, berada di luar ruangan dan tetap aktif bagus banget untuk kesehatan anak.

"Bagaimana caranya? Salah satunya dengan memakaikan mereka pakaian hangat sehingga anak tetap bisa beraktivitas di luar ruangan. Kecuali cuaca hujan, sudah pasti jangan biarkan anak main di luar," tutur Prof Merlin.

Untuk anak-anak, kadang ada juga yang lebih nyaman beraktivitas pakai celana dan baju pendek, Bun. Menurut Prof Merlin ini nggak masalah. Yang penting, orang tua perlu tahu ketika anak terhalang melakukan kegiatan di luar rumah karena mereka nggak pakai baju yang sesuai.

Bicara tentang cuaca dingin, salah satu yang dikhawatirkan orang tua adalah anak bisa gampang kena batuk dan pilek. Misalnya hari sedang hujan lantas kita khawatir anak batuk atau pilek. Menurut dr Sandra Darmawan SpA dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan, pas kena hujan, suhu airnya kan dingin. Nah, tubuh kita suhunya relatif panas. Jadi, pas badan kita diguyur air yang suhunya dingin, akan terjadi perubahan suhu dan kata dr Sandra itulah yang memicu kita jadi pilek.

"Terutama kalau anak lagi nggak fit. Kalau anak fit, biasanya pilek satu dua hari, terus akan baik sendiri," kata dr Sandra.

Kalau anak hujan-hujanan, cukup mandiin anak pakai air hangat supaya suhu tubuhnya kembali ke suhu tubuh kita yang relatif lebih panas. Setelah kena air hujan suhu tubuh turun, pas disiram pakai air hangat lagi, suhu tubuh kita bisa netral lagi dan kembali ke semula.

(rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi