sign up SIGN UP search


parenting

Persiapan agar Liburan Bareng si Kecil Menyenangkan

Amelia Sewaka   |   Haibunda Jumat, 01 Jun 2018 10:04 WIB
Sebelum liburan bareng si kecil, yuk perhatikan beberapa hal ini dulu, Bun. caption
Jakarta - Wah nggak terasa, long weekend tiba nih, Bun. Gimana, sudah punya rencana apa bareng keluarga? Tenang, walaupun puasa, kita bisa kok ke tempat-tempat asyik sambil ngabuburit, he-he-he. Atau mungkin ada Bunda sekeluarga yang mau traveling ke luar negeri?

Kalau iya, ada hal yang harus diperhatikan dulu nih. Tanya Larasati, entrepreneur dan mom blogger berbagi tips nih supaya perjalanan ke luar negeri bareng si kecil tetap seru dan mengasyikkan. Apa aja tips dari perempuan yang akrab disapa Anya ini? Yuk simak, Bun.




1. Sesuaikan Jadwal

"Kalau aku pribadi sih prefer milih tiket yang jadwalnya nyesuain sama jadwal tidur anakku. Jadi antara pagi sekali atau malam sekali, supaya kita nggak repot," tutur Anya.

2. Perhatikan Kenyamanan Anak

Ini penting banget diperhatiin, Bun. Karena kalau anak tantrum atau cranky, lantas membuat mood kita jelek dan akhirnya bikin perjalanan juga jadi berantakan plus nggak nyaman.

3. Pilih Outfit yang Simpel

"Aku lebih ke kaos, celana pendek, sama sepatu yang kasual aja sih kayak slip on. Karena kalau sedikit-dikit lepas kan repot juga," kata Anya di tengah acara Kohai Talks: How To Travel with Your Kids di gerai Mezzo, Gandaria City, Jakarta Selatan baru-baru ini.

Anya juga nggak banyak-banyak bawa alas kaki. Ia hanya bawa dua jenis sepatu dan sandal, itupun tergantung tempat yang akan didatangi. Jika cuacanya dingin ia nggak akan bawa sandal melainkan cuma bawa sepatu.

"Biasanya aku bawa dua alternatif tuh. Satu jenis waterproof dan satu lagi yang kanvas biar lebih casual," tutur Anya.

Perjalanan panjang dengan outfit yang dipakai anak juga harus diperhatikan, Bun. Jadi, kita mesti tahu di tempat yang akan didatangi sedang musim apa sehingga pakaian yang dibawa juga sesuai kebutuhan.

"Kalau traveling cuacanya dingin itu enak banget. Karena bawa pakaiannya nggak mesti banyak, ya paling cuma ganti-ganti jaket aja kan," kata ibu dua anak ini.

Soal warna Anya juga menyarankan lebih baik pilih warna-warna netral aja seperti cokelat, hitam atau yang polos-polos. Intinya, kalau perjalanan panjang yang penting anak nyaman karena kalau anak cranky kitanya udah pasti ikut cranky.



"Oh, plus stroller sih kalau aku. Karena aku tipikal ibu stroller, biar anak nyaman tidur di situ apalagi perjalanan panjang," ungkap Anya.

Nah, bicara sepatu yang dipakai anak saat traveling, Yaneke Mariance, Brand Manager Kohai dan Mezzo mengatakan yang pertama perlu diperhatikan adalah sepatunya enak dipakai atau nyaman buat anak.

"Karena maaf nih, biasanya ada harga maka ada barang jadi biasanya tuh kita sebagai orang tua pilih ini enak apa nggak dipakainya, nyaman atau nggak," kata Yaneke. (rdn)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!