sign up SIGN UP search


parenting

Asyik! Boneka Barbie Ajak Anak Perempuan Mengenal STEM Nih

Asri Ediyati   |   Haibunda Jumat, 29 Jun 2018 12:47 WIB
Untuk anak perempuan, bisa jadi hal yang mengasyikkan ketika belajar mengenal STEM bersama boneka Barbie. caption
Los Angeles - Boneka Barbie umumnya digambarkan sebagai sosok feminin dan girly banget. Tapi, Barbie yang satu ini berbeda nih, Bun. Ya, beberapa waktu lalu perusahaan Mattel, merilis boneka Barbie terbaru mereka yakni Barbie yang berprofesi sebagai insinyur robotik.

Barbie keluaran baru ini rambutnya dikucir, pakai sepatu kets, dan jaket jeans. Mattel ingin mengajak anak perempuan agar kelak dewasa mereka tertarik bekerja di bidang Science, Technology, Engineering dan Mathematics atau STEM.

Sejak tahun 2010, Mattel sudah mengeluarkan Barbie dengan 200 lebih jenis pekerjaan, antara lain arsitek, pengembang video game dan saintis. Salah satu alasan Mattel merilis Barbie insinyur robotik karena berdasarkan US Department of Commerce, hanya 24 persen wanita yang bekerja di bidang STEM.


"Tujuannya adalah ketika anak membeli Barbie, anak tersebut akan tertarik dengan pekerjaan itu dan berimajinasi bahwa mereka akan berkarir di bidang STEM," ujar Michelle Chidoni, wakil presiden komunikasi global dari Mattel kepada ABC News.



Tim dari Mattel bekerja sama dengan para insinyur wanita dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) untuk membuat boneka Barbie itu, Bun. Untuk harga, satu boneka dibanderol kurang lebih Rp 200 ribu. Boneka Barbie ini juga dirilis dengan delapan etnis berbeda.

Nggak cuma dapat boneka, si kecil juga dapat bonus yakni kursus gratis untuk coding khusus anak-anak. Ya, karena Mattel juga bekerja sama dengan Tynker, platform yang menyediakan pendidikan coding bagi anak-anak. Hal ini membuat Barbie edisi terbaru ini lebih dari sekadar boneka tetapi juga memberi pengalaman multimedia untuk si kecil.

"Dengan bantuan Tynker, bermain Barbie juga dapat memungkinkan anak menerapkan dan mempelajari keterampilan STEM. Ada enam kursus pengodean gratis melalui Tynker," kata Michelle.

Dilansir NewYork Post, jenis kursus yang ditawarkan salah satunya adalah cara membuat robot sederhana, membuat robot bergerak dan melompat. Wah, keren nih sepertinya, Bun.


Seperti apa sih Barbie yang jadi ahli robot? Simak di video berikut ini, Bun.

[Gambas:Video 20detik]

(rdn)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!