parenting

Anak Bosan di Libur Panjang, Gadget Bukan Solusi

Nurvita Indarini Sabtu, 30 Jun 2018 19:01 WIB
Anak Bosan di Libur Panjang, Gadget Bukan Solusi
Jakarta - Saat ini anak-anak masih libur sekolah kan, Bun? Liburannya cukup panjang ya, sehingga beberapa orang tua yang bekerja nggak bisa selalu menemani anaknya di waktu libur ini. Duh, jadi mati gaya deh.

"Liburan memang dinanti-nanti, tapi setelah libur tiba jadi mati gaya, apalagi kalau orang tua harus kembali bekerja dan nggak bisa cuti lagi," ujar Ratih Ibrahim, psikolog dari Personal Growth dalam Bincang Shopee yang digelar di Pacific Century Place, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, Sabtu (30/6/2018).

Hmm, saat anak-anak bosan, jangan andalkan gadget untuk mengatasi kebosanan anak ya, Bun. Soalnya nanti anak jadi terbiasa mengusir bosan dengan gadget, dan jadi kecanduan deh. Duh, amit-amit ya.


Ketika anak sudah adiksi pada gadget, akan sangat susah lepas lho. Jadi anak akan sakau, marah, uring-uringan, bahkan tidur pun harus sama gadget. Kondisi yang seperti ini susah disembuhkan.

"Memang sih saat anak main gadget akan anteng, dan kita bisa ngapa-ngapain. Tapi harus pikirkan dampak jangka panjangnya," imbuh Ratih.



Nah, di liburan yang tersisa ini, yuk susun beberapa kegiatan seru yang bisa dilakukan bersama anak, Bun. Ada baiknya kita libatkan anak juga dalam menyusun kegiatannya, jadi mereka akan lebih semangat menjalaninya.

Nah, ini beberapa ide aktivitas anak selama sisa libur yang bisa dipraktikkan:

1. Finger Painting

Anak Bosan di Libur Panjang, Gadget Bukan Solusi/Anak Bosan di Libur Panjang, Gadget Bukan Solusi/ Foto: Nurvita Indarini


Menggambar pakai jari alias finger painting bisa jadi kegiatan yang seru lho. Gampang banget bikin catnya, Bun, cukup pakai tepung kanji yang dicampur pewarna makanan.

Ajak si kecil untuk membuat catnya, pasti dia akan lebih happy. Selanjutnya berikan cat tersebut pada anak dan biarkan dia berkreasi mewujudkan imajinasinya.

Kegiatan ini sekaligus melatih keterampilan motorik halus anak, kognitif (dengan mengenal bentuk dan warna), juga melatih empati dan komunikasinya dalam berkelompok.

2. Membuat Boneka atau Figurehead

Anak Bosan di Libur Panjang, Gadget Bukan Solusi/Anak Bosan di Libur Panjang, Gadget Bukan Solusi/ Foto: Thinkstock


Dengan menggunakan kertas lipat, kita bisa mengajak anak untuk membuat boneka kertas. Bahan-bahannya juga gampang banget lho. Kita hanya memerlukan kertas lipat (origami), stik es krim, benang kasur, lem, gunting, serta kancing dan manik-manik sebagai pemanis boneka kertas yang akan dibuat.

Kegiatan ini bisa melatih keterampilan motorik halus anak, mengembangkan imajinasi dan kreasinya, serta mengajarkan anak untuk menuangkan ide dalam bentuk konkret. Selain itu, anak juga bisa belajar memahami diri, membangun kepercayaan diri, serta membangun konsep diri yang positif.



3. Jalan-jalan Keliling Kota dengan Transportasi Umum

Anak Bosan di Libur Panjang, Gadget Bukan Solusi/Anak Bosan di Libur Panjang, Gadget Bukan Solusi/ Foto: Indra Komara/detikcom


Ratih bilang nggak harus selalu keluar kota untuk mengajak anak jalan-jalan sambil belajar. Di Jakarta dan sekitarnya saja ada banyak sekali hal menarik yang bisa kita kunjungi bersama anak lho, Bun.

Nah, sat jalan-jalan kita bisa menggunakan transportasi umum seperti kereta rel listrik (KRL) maupun TransJakarta. Dari kegiatan ini anak bisa belajar bagaimana caranya naik kendaraan umum tersebut, termasuk pula aturan di dalam kendaraan umum.

4. Bermain dengan Mainan Edukatif

Anak Bosan di Libur Panjang, Gadget Bukan Solusi/Anak Bosan di Libur Panjang, Gadget Bukan Solusi/ Foto: thinkstock

Saat ini banyak dijual mainan edukatif yang seru seperti puzzle, balok mainan, kartu cerita, dan sebagainya. Nah, mainan-mainan seperti ini bisa banget lho jadi aktivitas pengganti bermain gadget. (Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi