parenting

Kenalan dengan Kareem, Bocah 11 Tahun yang Jago Banget Melukis

Radian Nyi Sukmasari Rabu, 04 Jul 2018 12:53 WIB
Kenalan dengan Kareem, Bocah 11 Tahun yang Jago Banget Melukis
Lagos, Nigeria - Bakat seni anak-anak yang diasah pastinya bisa bikin si kecil mahir di bidang seni misalnya melukis. Seperti bocah 11 tahun asal Nigeria bernama Kareem Waris Olamilekan ini, Bun. Di usianya yang terbilang cukup muda Kareem berhasil menciptakan karya seni yang keren banget.

Kareem mampu membuat lukisan yang berasal dari foto dengan detail sempurna. Wah, keren ya! Bakat seni Kareem memang udah terlihat sejak dia usia 6 tahun, Bun. Kala itu Kareem hobi menggambar tokok kartun favoritnya dan hasilnya bagus banget.

Dua tahun lalu, Kareem pindah tempat tinggal dan dia menemukan Ayowole Art Vocational Academy. Dikutip dari Oddity Central, selama ini Kareem memang punya kendala finansial sehingga dia belum memiliki peralatan menggambar yang memadai.


"Saya serasa menemukan seniman baru di rumah. Saat itulah saya tahu tentang Ayowole Art dan saya bertanya ke salah satu guru bisakah saya mengembangkan kemampuan saya di sana. Syukurlah, besoknya saat murid-murid diminta menggambar komposisi ceret dan headphone saya bergabung dengan mereka," kata Kareem.



Guru di akademi itu ngeh dengan bakat Kareem dan membolehkannya bergabung. Adeniyi Adewole, founder Ayowole Art mengakui Kareem adalah salah satu murid terbaiknya. Bahkan, Adewole yakin banget Kareem bisa jadi seniman yang sukses.

"Saya percaya dia bisa melangkah lebih jauh dari ekspektasi kita setelah melihat apa yang sudah dia lakukan, apa yang sudah dia lukis. Kami sering memberi tahunya jangan mengaggap dirinya adalah seniman jalanan. Kami minta dia percaya bahwa dirinya bisa jadi seniman besar seperti Michelangelo dan Davinci," kata Adewole kepada CGTN Africa.

Kareem disebut-sebut sebagai seniman profesional termuda di Nigeria. Namun, ada juga kisah menarik di balik kesuksesan Kareem di bidang lukis. Dia ingat ketika diam-diam membeli 20 lembar kertas saat diminta ibunya belanja. Belum lagi saat menggambar di malam hari Kareem kadang harus pakai senter, Bun. Wah, salut banget ya sama kegigihan Kareem.

Salah satu karya Kareem yang jadi favorit adalah 'Daily Bread' yang menggambarkan salah satu perjuangan keluarga Kareem untuk bisa mendapat makanan. Kata Kareem, itu adalah kondisi yang penuh dengan keringat dan air mata.

"Saya dan keluarga saya bekerja keras sebelum menaruh makanan di mulut kami, sebelum kami bisa makan. Itulah yang menginspirasi saya," kata Kareem.

Wah, salut dengan semangatmu Kareem. Sukses terus ya, Nak!

(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi