sign up SIGN UP search

parenting

Cari Tahu Komposisi Susu Kental Manis Yuk, Bun

Nurvita Indarini Kamis, 05 Jul 2018 07:31 WIB
Susu kental manis sedang jadi perbincangan belakangan ini. Nah, kita cari tahu yuk komposisi susu kental manis. caption
Jakarta - Ada apa dengan susu kental manis? Sebenarnya bukan ada pelarangan konsumsi sih, Bun, tapi lebih terkait tentang upaya melindungi konsumen, utamanya anak-anak, dari informasi yang tidak benar dan menyesatkan.

Jadi kalau Bunda mau menggunakan susu kental manis untuk membuat kue atau puding, masih sah-sah saja kok. Karena sebenarnya fungsi susu kental manis itu lebih untuk perasa.

Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Ir Ahmad Syafiq, MSc, PhD beberapa waktu lalu bilang susu kental manis mengandung lebih banyak gula sehingga lebih banyak jadi sumber energi. Tidak mengherankan susu kental manis lebih banyak digunakan untuk campuran pembuatan makanan penutup.


Apa saja komposisi susu kental manis? Berikut ini pemaparannya, dikutip dari berbagai sumber.



1. Kalori

Susu kental manis memiliki kalori yang tinggi. Dalam satu sendok makan susu kental manis, mengandung 62 kalori. Susu kental manis merupakan campuran susu yang dikentalkan dan gula. Demikian laporan dari Live Strong.

Sementara itu, menurut Fat Secret, dalam 100 ml susu kental manis terdapat 415 kalori. Jika kalori tersebut di-breakdown, maka didapat 24 persen lemak, 66 persen karbohidrat, dan 10 persen protein.

Dikutip dari situs Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), salah satu jenis susu kental manis yang dijual secara komersil menuliskan dalam satu takar porsi (4 sendok makan) memasok 130 kkal, dengan komposisi gula tambahan 19 gram dan protein 1 gram.

Jika dikonversikan dalam kalori, 19 gram gula sama dengan 76 kkal. Kandungan gula dalam 1 porsi susu kental manis tersebut lebih dari 50 persen total kalorinya, menurut IDAI jauh melebihi nilai rekomendasi gula tambahan yang dikeluarkan oleh WHO.

Cari Tahu Komposisi Susu Kental Manis Yuk, Bun/Cari Tahu Komposisi Susu Kental Manis Yuk, Bun/ Foto: iStock


2. Lemak

Dalam satu sendok makan susu kental manis mengandung hampir 2 gram lemak. Demikian menurut United States Department of Agriculture (USDA).

Karena itu disarankan untuk memperhatikan porsi susu kental manis yang dikonsumsi, agar lemak jenuh yang diasup tubuh tidak berlebihan. Ini makanya susu kental manis lebih disarankan digunakan untuk pelengkap pembuatan makanan seperti dessert, ketimbang diseduh langsung menjadi minuman. Nggak disanrankan juga susu kental manis jadi pengganti susu.

Menurut Live Strong, susu kental manis jadi pilihan yang lebih baik ketimbang krim yang kandungan lemaknya 5,5 gram per sendok makan. Pilihan terbaiknya kita bisa membeli susu kental manis yang rendah lemak ataupun bebas dari lemak bila kita termasuk orang yang memperhatikan benar asupan lemak.

3. Protein dan Karbohidrat

Dalam satu sendok makan susu kental manis mengandung lebih dari 10 g karbohidrat, yang semuanya adalah gula. Nah, dalam satu sendok makan susu kental manis itu, kandungan proteinnya adalah 1,5 gram.

Beberapa kalangan menyarankan jika membuat makanan penutup yang menggunakan susu kental manis, maka sebaiknya mengurangi atau meniadakan tambahan gula. Alasannya untuk mengendalikan asupan gula berlebih yang masuk ke tubuh.



4. Nutrisi

Karena memang terbuat dari susu, tidak mengherankan jika kita mendapati kandungan kalsium dalam susu kental manis, Bun. Dalam satu sendok makan, terkandung 54 mg kalsium. Kandungan lain dalam satu sendok makan susu kental manis adalah 36 mg potasium, 5 mg magnesium, 56 IU vitamin A, serta sejumlah kecil vitamin dan mineral lainnya.

Cari Tahu Komposisi Susu Kental Manis Yuk, Bun/Cari Tahu Komposisi Susu Kental Manis Yuk, Bun/ Foto: iStock


Susu Kental Manis Vs Susu Evaporasi

Bunda ada yang bingung nggak membedakan susu kental manis dan susu evaporasi? Sepintas sepertinya mirip ya, Bun. Apalagi keduanya memang sama-sama melalui proses evaporasi sehingga menghasilkan susu dengan kepadatan tinggi.

Yang menjadi pembeda, susu kental manis ditambahkan gula, sedangkan susu evaporasi tidak. Nah, tambahan gula itulah yang membuat susu kental manis terlihat lebih kental daripada susu evaporasi. Saking kentalnya akan nempel banget di sendok, dan bisa mengendap di bagian bawah gelas kalau nggak diaduk.

Susu kental manis memang jadi salah satu andalan dalam pembuatan berbagai makanan penutup. Sebab susu kental manis bisa bikin makanan jadi terasa lebih creamy. Susu kental manis juga jadi topping es krim setelah dijadikan karamel. Kalau Bunda pernah mendengar dulce de leche, maka itu adalah karamel yang dibuat dari susu kental manis. (Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!