sign up SIGN UP search

parenting

Liburan Antimainstream Seru ala Keluarga Bimbim 'Slank'

Amelia Sewaka   |   Haibunda Jumat, 06 Jul 2018 14:48 WIB
Bimbim 'Slank' berlibur bareng keluarga dengan berpetualang ke Sumba. Gimana keseruannya? Yuk intip bersama. caption
Jakarta - Bunda yang lahir di tahun 90-an, pasti kenal dong dengan band lawas Slank yang masih aktif hingga sekarang. Nah salah satu personilnya Bimo Setiawan Almachzumi atau yang kerap kita kenal Bimbim 'Slank', baru-baru ini habis liburan bareng keluarga nih, Bun, ke Sumba. Seru!

Liburan keluarga Bimbim 'Slank' ke Sumba, Nusa Tenggara Timur bisa dibilang antimainstream nih, Bun, he-he-he. Ya, soalnya selain bersenang-senang mereka juga berkenalan dengan salah satu budaya di Indonesia, di mana Sumba terkenal dengan alam yang masih jarang terjamah tangan-tangan manusia.

[Gambas:Instagram]



Jadi di Sumba pasti alamnya masih indah banget. Yang dilakukan Bimbim dan keluarganya di Sumba antara lain mendatangi rumah-rumah penduduk khas Sumba, memakai sarung khas Sumba, ikut bermain permainan dengan anak-anak di sana. Bahkan, anak bungsu Bimbim, Mao Mettano, juga diajak agar lebih kenal dengan anak-anak Sumba. Wah, keren banget sih keluarga ini.

[Gambas:Instagram]





Liburan memang momen kita bisa bersenang-senang. Tapi, buat anak selain kegembiraan ada juga hal lain yang bisa mereka pelajari dari kegiatan ini. Jadi nggak ada salahnya lho, Bun, kita liburan rutin bareng keluarga. Indonesia memang kaya ya, Bun. Ada banyak suku dan agama yang dianut masyarakatnya. Nah, tapi anak-anak perlu memahami nih bahwa keberagaman yang ada bukanlah alasan untuk nggak bisa hidup rukun.

Lalu bagaimana cara mengajarkan keberagaman pada anak? Kuncinya kita perlu berkomunikasi pada anak tentang keberagaman sejak dini, Bun. Nah, komunikasinya seperti apa ya? Menurut psikolog anak, Feka Angge Pramita, caranya dengan menjelaskan ke anak bahwa kita hidup di tengah masyarakat yang heterogen. Bangsa Indonesia terdiri dari beragam suku, agama, dan sebagainya.

Anak-anak, lanjut Feka, harus diperkenalkan dengan perbedaan itu dan menanamkan sikap saling menghormati, menghargai, dan mencintai perbedaan yang ada. "Jadi jangan langsung melarang anak untuk berteman dengan anak yang berbeda suku, agama, dan ras," kata Feka.

Nggak perlu jauh-jauh keluar negeri dulu, Bun, untuk mengenalkan berbagai macam budaya dan kultur pada anak. Bisa kita coba dari daerah-daerah Indonesia yang masih kental dengan adat istiadatnya. Gimana, Bun? Tertarik mengajak anak liburan sekaligus menjelajah kekayaan budaya Indonesia seperti yang dilakukan Bimbim 'Slank'?


(aml/rdn)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!