sign up SIGN UP search


parenting

Ini Sebabnya Anak Sering Tantrum di Tempat Umum

Melly Febrida   |   Haibunda Senin, 23 Jul 2018 07:11 WIB
Kalau anak tantrum di rumah sih sepertinya kita bisa meng-handle ya, Bun. Tapi kalau di tempat umum, hmm tantangannya lebih banyak. caption
Jakarta - Kadang tantrum memang nggak mengenal tempat. Bahkan sering nih anak tantrum saat di tempat umum. Kalau sudah begini, kita pun sering merasa malu karenanya. Maklum, mendadak jadi pusat perhatian.

Aideen McCartney, seorang terapis melalui bermain dan couch bagi orang tua mengatakan sangat nggak mengherankan anak lebih sering tantrum di tempat umum. "Untuk anak-anak, dunia luas yang besar dapat menjadi keras, sibuk, dan terlalu bersemangat," tutur dia dikutip dari metro.co.uk.

Sayangnya, kita sebagai orang dewasa juga sering fokus pada hal lain saat di tempat umum sehingga melewatkan tanda-tanda anak sudah gelisah. Alhasil anak tantrum sebelum kita antisipasi.




"Pahamilah bahwa tantrum biasanya merupakan komunikasi dari anak Anda yang mengatakan, 'Saya merasa sangat diliputi sesuatu yang nggak enak dan saya tidak memahaminya atau nggak tahu apa yang harus saya lakukan'," kata Aideen.

Saat tantrum sebenarnya bukan hanya kita saja yang nggak nyaman, tapi anak pun merasakan hal yang sama. "Ketika mereka kehilangan kendali, mereka membutuhkan bantuan kita untuk menenangkan diri dan mengatur ulang diri mereka sendiri," imbuhnya.

Ini Sebabnya Anak Sering Tantrum di Tempat Umum/Ini Sebabnya Anak Sering Tantrum di Tempat Umum/ Foto: Thinkstock


Aideen mengimbau para orang tua untuk membuang jauh-jauh rasa malu saat anaknya tantrum di tempat umum. Karena perasan itu membuat kita bisa salah menangani tantrum pada anak.

Psikolog anak dan remaja dari RaQQi - Human Development & Learning Centre, Ratih Zulhaqqi, bilang setiap anak akan mengalami masa tantrum dan itu akan hilang seiring dengan bertambahnya usia. "Namun kebanyakan tantrumnya bisa berlanjut kalau orang tua tidak benar-berar paham apa sih yang harus diperbuat ketika anak sedang tantrum," katanya kepada detikHealth beberapa waktu lalu.



Oke, jadi sebagai antisipasi agar anak nggak tantrum di tempat umum, kita harus paham nih, Bun, hal-hal apa saja yang biasanya gampang bikin anak tantrum. Kalau lapar sering bikin tantrum, sebelum pergi ke tempat umum, kita perlu bawa bekal.

Jika anak sering tantrum karena minta dibelikan mainan, maka sebelum pergi bersamanya kita beri dia pemahaman dulu bahwa saat ini kita nggak akan membelikannya mainan dengan alasan yang masuk akal buatnya. Semangat ya, Bun! (Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!