sign up SIGN UP search


parenting

Bunda, Kenali Penyebab Anak Tantrum agar Bisa Mencegahnya

Rahmi Sarifa Minggu, 04 Apr 2021 16:46 WIB
Ilustrasi anak menangis atau marah caption

Saat Si Kecil menginginkan sesuatu namun Bunda menolaknya, tak jarang dia akan mengekspresikan perasaannya dengan marah sampai menjerit-jerit karena merasa tidak dipenuhi keinginannya. Sikap seperti ini bisa dikatakan; tantrum.

Sikap tantrum ini biasanya terjadi pada Si Kecil yang berusia 1 hingga 4 tahun. Bentuk anak tantrum dapat berbeda-beda Bun, ada yang menangis, memukul, menendang, menginjak-injak, melemparkan barang-barang, menahan napas dan gerakan mengamuk lainnya.

Lebih dari setengah Si Kecil yang berusia 1 hingga 4 tahun, akan memiliki satu atau lebih amukan dalam setiap minggunya ketika mereka melampiaskan rasa frustrasinya.


Walaupun anak tantrum adalah hal yang wajar, namun hal ini dapat membuat rasa sedih dan khawatir bagi orang tua. Untuk bisa menghadapi dengan tenang, Bunda perlu mengetahui apa yang dapat memicu perilaku tersebut. 

Beberapa anak rentan sekali dengan amukan, apalagi bila pada dasarnya ia hiperaktif, yang suka murung atau tidak memiliki cara adaptasi yang baik dengan lingkungannya. Karenanya, amukan seringkali jadi pilihan untuk mengungkapkan keinginannya sampai Bunda atau Ayah memenuhinya.

Banner zaskia sungkar melahirkan

Kondisi lapar, lelah, dan mengantuk juga rentan memicu anak tantrum. Baiknya Bunda penuhi kebutuhan tersebut untuk mencegahnya terlanjur mengamuk.

Perlu Bunda tahu, sebenarnya tantrum yang dialami Si Kecil bukanlah masalah yang besar dan bisa diabaikan saja. Hal ini bisa dilakukan untuk membuat dia mengubah mindsetnya, bahwa amukan tidak dapat membuat Bunda dan Ayah memenuhi keinginannya.

Sebaliknya, jika Bunda dan Ayah selalu menurutinya ketika anak tantrum, ia akan berpikir bahwa amukan seperti itu adalah cara yang efektif untuk mengambil perhatian Bunda dan Ayah. 

Selain tantrum, GTM juga termasuk permasalahan anak yang kerap memusingkan para Bunda. Simak tips menghadapinya di video ini yuk Bun.

[Gambas:Video Haibunda]



(fia/fia)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi