parenting

Gendong Anak dengan Posisi Kaki Mengangkang, Berbahayakah?

Radian Nyi Sukmasari Selasa, 07 Aug 2018 15:21 WIB
Gendong Anak dengan Posisi Kaki Mengangkang, Berbahayakah?
Jakarta - Soal posisi menggendong anak, salah satu hal yang dikhawatirkan adalah ketika kaki si kecil terlalu mengangkang bisa berpengaruh pada pertumbuhannya. Bunda pernah dengar hal itu?

Terkait hal ini, dr Faisal Miraj SpOT dari Divisi Ortopedi Anak RS Pondok Indah-Bintaro Jaya bilang sendi panggul memang normalnya dalam posisi mengangkang. Sehingga nggak masalah ketika kita menggendong si kecil dengan posisi mengangkang.

"Memang seperti itu. Jadi posisi sendi panggul atau bonggolnya kan ada di mangkuk sendi panggul. Kalau diluruskan kakinya termasuk saat digendong justru sendi bisa keluar dari mangkuknya," kata dr Faisal dalam temu media 'Kelainan Tulang dan Sendi pada Anak' di The Hook, Senopati, Jakarta Selatan, Selasa (7/8/2018).




Nah, pada anak yang memiliki bakat kelenturan maka sendi akan lebih mudah keluar dari mangkuknya ketika dipaksa diluruskan. Jika ini terjadi terus-menerus maka urat di sendi panggul melar dan memanjang hingga gampang keluar.

"Sendi jadi gampang keluar masuk. Tapi kalau keterusan bisa keluar terus. Perlu diingat sendi panggul bisa berkembang karena posisinya pas. Kalau terus-terusan berubah posisinya, bisa jadi suatu kelainan," tutur dr Faisal.



Ini terkait dengan bentuk kaki anak yang cenderung O. Kata dr Faisal, kaki anak di bawah 3 tahun memang masih berbentuk O dan itu normal. Nah, kelak di usia 3 atau 4 tahun kaki jadi lebih lurus dan di usia 6 sampai 7 tahun kaki anak cenderung berbentuk X.

"Di usia sekolah kaki anak jadi lebih X dibanding orang dewasa setelah itu kembali lurus lagi," ujar dr Faisal. (rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi