parenting

Memahami Perbedaan dan Keragaman di Momen 17 Agustus

Nurvita Indarini Jumat, 17 Aug 2018 13:07 WIB
Memahami Perbedaan dan Keragaman di Momen 17 Agustus
Jakarta - Salah satu kegiatan yang dilakukan untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI di 17 Agustus adalah karnaval dan pawai. Dalam kegiatan ini anak-anak mengenakan pakaian daerah maupun berbagai macam profesi. Nah, dari sini kita bisa tanamkan untuk lebih menghargai perbedaan pada anak.

"Ada macam-macam baju daerah yang dipakai anak, di sini kita bisa bilang Indonesia itu terdiri dari berbagai macam suku dan budaya. Nah, penting ditanamkan ke anak menerima keberagaman itu penting," ujar psikolog anak dan remaja, Ratih Zulhaqqi, saat berbincang dengan HaiBunda.

Kata dia, jika sejak dini anak nggak ditanamkan bahwa menerima keberagaman itu penting, kelak saat dewasa akan lebih rentan bikin kelas masing-masing. "Padahal karena berbeda, bukan berarti langsung dikelas-kelaskan," imbuhnya.




Kita juga bisa bilang pada anak bahwa orang Indonesia ramah-tamah. Sehingga anak bisa belajar nilai tentang sopan-santun, saling menghargai, dan sebagainya.

"Saat menghias kampung misalnya, dilakukan bersama-sama tanpa memandang perbedaan, ini adalah nilai yang penting," lanjut Ratih.

Dengan menerima perbedaan dan keragaman, tambah Ratih, anak akan berpikir dirinya nggak harus sama dengan teman-temannya. Menjadi diri sendiri, bertoleransi, dan saling menghargai justru bisa lebih ditonjolkan.

Memahami Perbedaan dan Keragaman di Momen 17 Agustus/Memahami Perbedaan dan Keragaman di Momen 17 Agustus/ Foto: instagram


"Dari karnaval dan pawai juga bisa melatih kreativitas anak. Anak bisa berkreasi misal sepedanya dikasih lambang burung garuda. Karena kita sudah merdeka, maka kita bisa lebih kreatif," tutur Ratih.



Setiap tahun anak akan melihat lomba 17 Agustus. Anak mungkin akan terlibat dalam karnaval dan pawai 17 Agustus juga setiap tahunnya. Tapi tanpa disertai penjelasan akan nilai-nilainya, maka semua itu hanya akan berhenti di kemeriahannya saja.

Oh iya, Bun, bicara soal pawai, detiknetwork menggelar pawai digital nih. Bunda bisa melihat pawai tanpa panas-panasan dan desak-desakan.

Dalam pawai digital, Bunda berkesempatan memenangkan berbagai hadiah menarik lho. 17 Hadiah yang akan dibagikan di pawai digital 17an adalah sebagai berikut:
⁃ 4 iPhone X
⁃ 1 Smartphone Motorola E3 Power
⁃ 1 Headset Audio Technica
⁃ 2 Tea Set
⁃ 2 Voucher Belanja Senilai 500 Ribu Rupiah
⁃ 7 Paket Merchandise detikNetwork

Bunda berkesempatan mendapatkan hadiah jika berhasil menangkap sosok perusuh di pawai digital. Ini dia sosok perusuhnya.

Sosok perusuh di pawai digital/Sosok perusuh di pawai digital/ Foto: detikcom network


Pawai digital akan hadir 17 Agustus 2018, lewat 8 kali di jam dan website berikut:
- Pada jam 11.00 WIB di detik.com
- Pada jam 13.00 WIB di CNNIndonesia.com
- Pada jam 14.00 WIB di Haibunda.com
- Pada jam 15.00 WIB di CNBCIndonesia.com
- Pada jam 16.00 WIB di detik.com
- Pada jam 17.00 WIB di CNNIndonesia.com
- Pada jam 18.00 WIB di Haibunda.com
- Pada jam 19.00 WIB di CNBCIndonesia.com

Artikel selengkapnya tentang pawai digital dan hadiahnya bisa disimak di sini. (Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi