parenting

Saran Dokter Gizi Bagi Bunda yang Hendak Masak Rendang

Nurvita Indarini Jumat, 24 Aug 2018 12:56 WIB
Saran Dokter Gizi Bagi Bunda yang Hendak Masak Rendang
Jakarta - Siapa yang nggak suka rendang? Kayaknya hampir semua orang suka rendang ya. Nah, jika ada daging di kulkas dan Bunda ingin memasak rendang, ada baiknya simak dulu saran dari dokter gizi.

Jadi gini, Bun, salah satu bahan pembuatan rendang selain daging adalah santan. Santan bila dimasak berkali-kali bisa meningkatkan kandungan lemak jenuh. Nah, lemak jenuh ini tidak baik untuk pembuluh darah. Lalu gimana agar rendang yang dimasak tetap enak dan sehat?




"Baiknya menggunakan santan encer, kentalkan dengan kemiri atau tambahkan susu skim sehingga mengurangi jumlah lemak," saran dr Paulina Toding, M.Gizi, SpGK saat berbincang dengan HaiBunda.

Bagaimana jika mengganti santan dengan fiber cream saat memasak rendang atau gulai? Kata dr Paulina, santan memiliki kalori lebih tinggi yakni 230 kal. Sedangkan fiber cream memiliki kalori 15 kal. "Sehingga bila banyak mengonsumsi santan dapat menimbulkan obesitas," imbuhnya.

dr Paulina menjelaskan santan memiliki kandungan protein 2,29 gram, sedangkan fiber cream 0 gram. Sedangkan seratnya, pada santan mengandung 2,2 gram, sementara fiber cream 1 gram.

"Nah perbedaannya adalah pada santan terdapat lemak jenuh 21,14 gram sementara pada fiber cream hanya 1 gram. Jadi fiber cream dapat digunakan sebagai pengganti santan, tapi jangan lupa tetap lebih diutamakan variasi menu," saran dr Paulina.

Selamat memasak rendang ya, Bun. (Nurvita Indarini/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi