sign up SIGN UP search


parenting

7 Do's and Don'ts Memberi MPASI Daging untuk Bayi

Annisa Karnesyia Sabtu, 02 Jan 2021 10:46 WIB
Anak makan caption
Jakarta -

Bunda berencana mengenalkan daging di menu makan anak? Dalam menu Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI), daging memang sering dicampur sayuran dan nasi.

Umumnya, daging dikenalkan sebagai menu MPASI yang terakhir karena teksturnya yang sedikit kasar. Memberikan daging pada bayi bisa memenuhi kebutuhan protein hewani si kecil lho, Bunda.

"Setelah mencapai usia 6 bulan, orang tua mulai memberikan makanan padat pada bayinya. Secara tradisional, orang tua menawarkan bayi mereka sereal, sayuran, buah, kemudian baru daging," kata dokter anak, Karen Gill, MD, dilansir Healthline.


Memasuki usia 4 hingga 6 bulan, simpanan zat besi yang dibutuhkan bayi mulai berkurang. Padahal, zat besi ini dibutuhkan untuk pembentukan hemoglobin (Hb) dan transportasi oksigen dalam darah.

Untuk itu, sejak anak mulai makan MPASI, Bunda bisa menambahkan asupan zat besi dari makanan. Salah satu makanan yang tinggi zat besi adalah daging.

Menurut Steven Abrams, profesor pediatri di Dell Medical School di University of Texas, masalah kekurangan zat besi pada anak cukup mengkhawatirkan. Lebih dari tiga perempat bayi yang diberi ASI dari usia 6 hingga 12 bulan, tidak cukup mengonsumsi zat besi dan 54 persennya tidak mendapatkan asupan zinc (seng).

"Dalam beberapa tahun pertama kehidupan, otak membutuhkan zat besi untuk berkembag secara normal," kata Abrams, mengutip The Wall Street Journal.

Dari usia 6 hingga 9 bulan, bayi harus mengonsumsi antara 1/8 hingga 1/4 cangkir buah dan sayuran setiap hari, serta susu, sereal bayi, dan makanan berprotein. Setiap minggu, makanan berprotein tersebut harus terdiri dari 4 hingga 16 ons daging merah, 1/2 sampai 1 ons unggas, serta dalam jumlah kecil makanan laut, telur, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Mengenalkan bayi dengan daging tidak boleh sembarangan ya, Bunda. Kita harus mengolah daging dengan benar agar tidak menimbulkan masalah kesehatan anak.

Lalu apa saja yang harus diperhatikan saat menyiapkan daging untuk bayi? BACA HALAMAN BERIKUTNYA ya, Bunda.

Simak juga pilihan ikan pengganti salmon untuk MPASI, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Tips Cantik Sehat Saat PandemiFoto: Mia Kurnia Sari
(ank/rap)
Do's and Don'ts Memberi MPASI Daging untuk Bayi
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi