parenting

Ssst, di Usia Ini Lho Bayi Terlihat Paling Cute

Radian Nyi Sukmasari Rabu, 05 Sep 2018 12:56 WIB
Ssst, di Usia Ini Lho Bayi Terlihat Paling Cute
Jakarta - Sudah pasti bayi terlihat lucu dan menggemaskan. Meskipun lucu dan menggemaskan itu relatif ya, Bun, alias berbeda untuk tiap orang. Hmm, tapi Bunda tahu nggak sih di usia berapa sebenarnya bayi terlihat paling cute?

Studi baru-baru ini yang dipublikasi dalam jurnal Evolution and Human Behavior menemukan orang dewasa mengaku bayi baru lahir dianggap cukup menarik dan cute. Namun, di usia yang lebih tua yakni 6 bulan bayi dianggap paling cute. Kata salah satu peneliti, Prarthana Franklin dari Brock University in St. Catharines, Ontario, temuan ini menarik.

"Selama ini bisa jadi kita berpikir semakin muda anak, makin cute mereka. Sehingga, lebih banyak orang dewasa suka dengan anak yang lebih muda," ujar Prarthana dikutip dari Fatherly.


Untuk studi ini, 142 orang dewasa diperlihatkan 18 bayi berbeda yakni bayi baru lahir dan berumur 3 serta 6 bulan. Partisipan ditanya tentang kemauannya mengadopsi si bayi berdasarkan kebahagiaan, kesehataan dan ke-cute-an mereka. Ditemukan, bayi berumur 6 bulan dinilai paling cute, diikuti dengan bayi usia 3 bulan dan bayi baru lahir.

Peneliti berasumsi sejak bayi mampu bertahan dari penyakit di usia enam bulan, terjadi keterlambatan bonding orang tua dan anak karena ada anggapan di bawah usia 6 bulan umumnya bayi belum bisa bertahan. Nah, manusia didesain menemukan bayi yang lebih tua untuk menemukan yang paling mungkin bertahan. Meskipun, kadar ke-cute-an si bayi dirasa mulai pudar.



Bisa jadi di usia 6 bulan bayi terlihat paling cute. Nah, Bunda tahu nggak di usia 6 bulan apa aja sih perkembangan yang dialami bayi? Di umur 6 bulan berat badan bayi senggaknya dua kali beratnya saat lahir, Bun. Kemudian, di umur 6 bulan bayi biasanya sudah bisa berguling ke kiri dan kanan bahkan dia sudah mulai mengangkat badannya seperti persiapan hendak merangkak. Untuk waktu tidur, biasanya bayi umur 6 bulan butuh 6 sampai 8 jam waktu tidur.

Perhatikan juga, Bun, di usia ini mata bayi sudah kelihatan warnanya lho. Nah, yang nggak kalah menyenangkan di umur 6 bulan bayi sudah mulai makan makanan padat. Yeay! Gimana dengan komunikasinya? Bayi 6 bulan biasanya sudah bisa babbling yakni mengoceh dan mengucapkan kalimat seperti 'dada' atau 'mama'.

Dikutip dari Web MD, saat bayi berumur 6 bulan, ajak mereka bermain secara interaktif misalnya cilukba. Kemudian letakkan mainan untuk merangsang anak bergerak dan jauhkan mainan potongan kecil supaya bayi nggak tersedak. Pantau terus perkembangannya dan jika ada yang nggak beres atau keterlambatan segera hubungi dokter ya, Bun.

(rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi