parenting

Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi

SIti Hafadzoh Kamis, 27 Sep 2018 09:02 WIB
Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi
Jakarta - Setelah menyusu bayi biasanya cegukan. Ini wajar terjadi kok, Bun. Cuma, kita perlu tahu nih cara mengatasi cegukan pada bayi karena pastinya cegukan bikin si kecil nggak nyaman.

Dilansir Medical News Today, cegukan terjadi karena adanya kejang pada diafragma. Sehingga air dipaksa keluar melalui pita suara. Itulah kenapa ada suara pada saat cegukan. Pada bayi, cegukan bisa terjadi ketika meminum ASI terlalu banyak, minum terlalu cepat, atau terlalu banyak menelan udara.

Cegukan pada bayi dapat diatasi dengan berbagai cara. Pertama, memberi jeda waktu untuk mengeluarkan udara yang ada di perut dengan bersendawa. Kedua, mengisap dot. Dot dapat membantu si kecil mengendurkan otot diafragmanya. Ketiga, menggosok punggung bayi sambil mengayunkan tubuh mereka.




Bunda perlu menghindari beberapa mitos cara mengatasi cegukan pada bayi contohnya menarik lidah bayi atau mengagetkannya. Hal ini tentu berbahaya untuk si kecil. Ditambah lagi, belum ada penelitian yang mendukung manfaat dari cara-cara tersebut.

Cara Mengatasi Cegukan pada BayiCara Mengatasi Cegukan pada Bayi (Foto: Dhani Irawan/detikcom)
Sebenarnya, cegukan pada bayi bisa hilang dengan sendirinya. Dengan kata lain, nggak perlu cara-cara khusus untuk mengatasi gejala ini, demikian disampaikan dr Meta Hanandita, SpA, dokter di RSUD Dr Soetomo Surabaya.

"Cegukan biasanya akan hilang dengan sendirinya atau hilang saat si kecil tidur," kata dr Meta kepada detikcom.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi