parenting

3 Cara agar Anak Suka Membaca Buku

SIti Hafadzoh Senin, 08 Oct 2018 08:02 WIB
3 Cara agar Anak Suka Membaca Buku
Jakarta - Bunda sudah tidak asing lagi dong dengan kalimat 'Buku adalah jendela ilmu'. Benar, Bun. Dengan membaca buku, kita bisa mengetahui banyak hal, mulai dari ilmu pengetahuan, sastra, hingga hiburan. Nah, supaya anak suka membaca ada tiga cara yang bisa dilakukan orang tua.

Kata penulis buku Maman Suherman membaca di sini bukan hanya mengeja kalimat ya, Bun. Tapi, membaca di mana anak bisa menemukan makna yang terkandung dalam bacaan tersebut.

"Bukan cuma baca. Tapi menyimpulkan dan menceritakan kembali apa yang sudah dibaca," kata Maman dalam acara 'The Readers Fest 2018' di Gedung Tjipta Niaga, Kota Tua, Jakarta Utara, baru-baru ini.


Maman menambahkan, orang tua punya peran yang sangat penting agar anak suka membaca buku. Supaya anak suka membaca buku ada tiga cara yang bisa dilakukan orang tua yaitu story telling, games, dan hadiah.


3 Cara agar Anak Suka Membaca BukuIlustrasi anak suka membaca/ Foto: Adhar Muttaqin

1. Mendongeng

Yuk mulai membacakan buku cerita sebelum anak tidur. Karena menurut Maman, orang tua harus menjadi contoh untuk anak. Ketika anak melihat Bunda pandai bercerita karena membaca buku, mereka juga akan ikut senang dengan buku nih, Bun, dan anak suka membaca buku deh jadinya.

2. Permainan

Setelah membacakan cerita atau dongeng, Bunda bisa buat permainan kecil-kecilan. Misalnya, kuis menjawab pertanyaan atau menceritakan ulang dongeng tersebut. Dengan cara ini, membaca jadi lebih menyenangkan untuk si kecil, Bun.

3. Memberi Hadiah

Ketika anak sudah bisa menceritakan ulang apa yang mereka baca atau Bunda bacakan, jangan lupa beri apresiasi berupa hadiah ya. Hadiahnya tentu saja buku. Anak juga akan memahami bahwa cerita yang dibacakan oleh Ayah dan Bunda berasal dari buku.

"Nah kalau kelak dia semakin besar dia tidak bisa mendapatkan jawaban, dia akan tau bahwa sumber dongeng, sumber games, hadiah yang paling indah itu adalah buku, itu yang akan tertanam di kepalanya terus menerus," jelas Maman.

Ilustrasi anak suka membacaIlustrasi anak suka membaca/ Foto: Adhar Muttaqin
Bunda dan Ayah jangan cuma menyuruh anak membaca tanpa mencontohkannya, ya. Karena sifat dasar anak itu kan meniru. Mereka akan meniru kebiasan orang tuanya. Ketika Ayah dan Bunda membiasakan membaca buku di depan mereka, mereka akan meniru hal baik ini, Bun.

"Kalau di depan anak orang tua rajin baca, rajin mendongeng, anaknya akan selalu inget itu. Jadi kalau dia ingin dapat cerita tapi dia tidak tahu dimana jawabannya. Lalu dia ingat, 'Oh, waktu kecil, ibu saya, bapak saya pintar bercerita karena sambil baca buku. Maka dia akan mencari itu di buku. Itu cara sederhana untuk mengajak anak kecil membaca buku," jelas Maman. (rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi