parenting

Manfaat Skin to Skin bagi Ayah dan Bayi Seperti Chicco Jerikho

Asri Ediyati Senin, 08 Oct 2018 12:01 WIB
Manfaat Skin to Skin bagi Ayah dan Bayi Seperti Chicco Jerikho
Jakarta - Beberapa waktu lalu, Putri Marino dan Chicco Jerikho menyambut putri pertama mereka, Surinala Carolina Jarumilind. Sebagai ayah baru, Chicco selalu menyempatkan waktunya bersama Surinala dengan melakukan skin to skin.

Mengutip dari Kangaroo Mothercare, skin to skin pada bayi saat lahir akan membantunya menstabilkan kondisinya. Selain itu bisa menjadi ajang bonding dengan orang tuanya. Apa lagi ya manfaatnya? Berikut manfaat skin to skin bagi ayah dan bayi seperti Chicco Jerikho dilansir Nuroo Baby.

Manfaat bagi Ayah


1. Membuat Psikologis Ayah Baik

Ketika Ayah skin to skin dengan bayi, hormon oksitosin alami dalam tubuhnya meningkat. Dengan peningkatan kadar oksitosin, tingkat testosteron ayah menurun. Pergeseran hormon ini menciptakan respons relaksasi dan damai.

2. Lebih Dekat dengan Bayi

Skin to skin bisa membantu ayah mengenal lebih dekat dengan bayinya. Para ayah lebih interaktif dengan bayi mereka.

3. Lebih Peka dan Percaya Diri

Ayah akan lebih peka atau sensitif dan sadar dengan kebutuhan bayinya. Ayah merasa lebih terbiasa dengan bayinya. Lebih percaya diri tentang keterampilan pengasuhannya.


[Gambas:Instagram]

Manfaat bagi Bayi


1. Baik untuk Perkembangan Otak

Kontak skin to skin adalah pengalaman multi-indra. Memegang bayi pada kulit ayah meningkatkan perkembangan jalur saraf penting, yang mempercepat pematangan otak.

2. Menenangkan dan Mengurangi Stres

Skin to skin dengan ayah sangat menenangkan bayi sehingga kadar kortisol bayi (hormon stres) menurun secara signifikan setelah hanya 20 menit kulit dipegang. Bahkan rasa sakit mereka berkurang saat memegang kulit ke kulit.

3. Perbaiki Kualitas Tidur

Perkembangan fungsi otak dewasa pada bayi tergantung pada kualitas siklus tidur mereka. Selama skin to skin, kebanyakan bayi tertidur dengan mudah, bisa tidur tenang, dan tidur nyenyak alami selama 60 menit atau lebih.

4. Baik untuk Kesehatan

Skin to skin dengan ayah sangat baik bagi bayi. Hal ini karena bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, merangsang pencernaan, dan berat badan. Kemudian bisa mensinkronisasi detak jantung dan napas. (aci/nwy)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi