parenting

Lewat Buku, Pegulat John Cena Berbagi Inspirasi untuk Anak-anak

Amelia Sewaka Rabu, 10 Oct 2018 11:40 WIB
Lewat Buku, Pegulat John Cena Berbagi Inspirasi untuk Anak-anak
Massachusetts, AS - John Felix Anthony Cena atau yang akrab kita dengar sebagai John Cena, merupakan pegulat profesional yang terkenal di eranya. Siapa sih yang nggak kenal John Cena yang selalu garang di ring dan membuat takut lawannya?

Tapi Bunda tahu nggak? Di balik fisik kekar yang terlihat seram, ada sisi lembut seorang John Cena. Sebuah pesan manis disebarkan John Cena lewat buku anak-anak yang ia rilis. Buku bergambar berjudul 'Elbow Grease' yang diterbitkan baru-baru ini oleh Random House Books for Young Readers bercerita soal keluarga truk raksasa.

Digambarkan, salah satu anggota keluarga bernama Elbow Grease punya fisik lebih kecil dari keempat saudaranya. Nah, Elbow bertekad membuktikan meski badannya kecil dia punya keberanian, ketabahan, dan keinginan untuk melakukan hal-hal besar.


Serial ini terinspirasi dari pengalaman John Cena. Buku-buku tersebut dirancang untuk mengajari anak-anak nilai ketekunan dan percaya pada diri sendiri. Buku ini dibagi menjadi empat serial yaitu Elbow Grease, Pinball, Flash, Crash, and Tank.




"Dengan Elbow Grease dan buku serial berikutnya, saya ingin menawarkan kepada anak-anak cara yang menyenangkan dan menarik untuk belajar tentang kekuatan ambisi, dedikasi, dan hati," kata John Cena seperti dilansir Mashable Asia.

John Cena menjelaskan, konsep buku ini menjadi transformasi dalam hidupnya, sejak masa anak-anak hingga sekarang. Pegulat multitalenta ini berharap, pesannya untuk kaum muda terutama anak-anak tentang jangan pernah menyerah bisa tersampaikan lewat buku tersebut.

"Sangat penting bagi saya untuk menyebarkan nilai positif dan membantu generasi muda kita melihat bahwa pola pikir yang benar adalah kunci untuk kesuksesan. Ditambah, beberapa fans WWE (World Wrestling Entertainment) saya adalah anak-anak dan mereka mendengarkan dengan baik tiap pesan yang saya berikan. Jadi, saya berharap lewat buku ini mereka bisa makin semangat," tambah John Cena seperti dikutip dari Today.

Elbow Grease diilustrasikan oleh Howard McWilliam. John Cena juga akan menerbitkan berbagai buku multi-format, termasuk papan baca, langkah membaca untuk pembaca dini, dan format yang terus baru. Wah, keren ya John Cena, Bun. Ia punya cara tersendiri untuk menyampaikan pesan positif pada anak-anak.


Seperti yang kita tahu, menumbuhkan minat baca pada anak-anak bukanlah hal yang mudah. Perlu kerja sama berbagai pihak, seperti orang tua, guru di sekolah, dan masyarakat. Dengan membaca, pengetahuan anak semakin luas. Nah, apa tantangannya untuk menumbuhkan minat baca anak zaman now? Menurut penulis buku Maman Suherman, salah satunya adalah literasi. Literasi adalah pemberdayaan dari anak nggak bisa baca menjadi bisa baca. Dari anak nggak tahu menjadi tahu.

"Satu tantangan menumbuhkan minat baca anak, bapak dan ibunya harus literat. Kalau anaknya disuguhkan buku untuk dibaca, tapi bapak ibunya nggak baca buku ya sama saja," tutur Maman

Menurut Maman, ada 3 pemberdayaan menumbuhkan minat baca anak. Pertama, story telling atau mendongeng. Kalau anak mau tidur dibacakan dongeng, anak akan terus ingat di kepala mereka. Kedua yaitu games atau permainan yang berkaitan dengan buku dan ilmu. Ketiga adalah hadiah.

Kata Maman, tiga hal tersebut membuat anak nggak mungkin melupakan dan menolak. Nah, bunda bisa mengajak anak ke toko buku pada hari Sabtu, Minggu, atau libur setelah dibacakan dongeng atau cerita. Kemudian beri anak hadiah berupa buku dan anak pun akan senang.

(aml/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi