parenting

6 Jenis Kanker yang Sering Menyerang Anak

Yuni Ayu Amida Rabu, 17 Oct 2018 07:10 WIB
6 Jenis Kanker yang Sering Menyerang Anak
Jakarta - Kanker atau tumor ganas adalah pertumbuhan sel atau jaringan yang tidak terkendali. Sel kanker dapat menyusup ke jaringan sekitar, dan membentuk anak sebar. Tahu nggak Bun, kanker tidak hanya menyerang orang dewasa lho, tapi bisa menyerang anak-anak.

Menurut dr. Cut Putri Arianie, MH.Kes, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kemenkes, kanker anak adalah kanker yang menyerang anak berusia di bawah 18 tahun, termasuk yang masih dalam kandungan. Kanker pada anak lebih sulit dideteksi daripada kanker pada orang dewasa.

"Berbeda dengan kanker pada orang dewasa, kanker pada anak lebih sulit diketahui, karena anak-anak umumnya belum mampu mengemukakan apa yang dirasakan," ucap Cut Putri saat diskusi 'Kenali Gejala Dini Kanker pada Anak' di Kementerian Kesehatan, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (16/10/2019).

Pada kesempatan yang sama, Dokter Spesialis Anak dan Konsultan Hemato Onkologi Anak di RS Kanker Dharmais dr Marurul Aisyi, Sp.A(K), menjelaskan, ada 6 jenis kanker yang sering menyerang anak-anak. Di antaranya leukemia, retinoblastoma, osteosarkoma, neuroblastoma, limfoma maligna, dan karsinoma nasofaring. Dari 6 jenis kanker tersebut, leukemia merupakan kanker tertinggi pada anak.

Lebih dalamnya, dr Marurul merincikan 6 jenis kanker yang sering menyerang anak, beserta gejalanya yang Bunda harus tahu.

1. Leukemia

Leukemia merupakan penyakit keganasan sel darah yang berasal dari sumsum tulang. Gejala leukemia antara lain, pucat, lemah, rewel, nafsu makan menurun, demam tanpa sebab yang jelas, pembesaran hati, limpa, dan kelenjar getah bening, kejang sampai penurunan kesadaran, pendarahan pada kulit, nyeri tulang. Lebih lanjut sering ditandai dengan anak yang tidak mau berdiri dan berjalan, lebih nyaman digendong, lalu pada anak laki-laki terjadi pembesaran buah zakar.

2. Retinoblastoma

Kanker mata adalah tumor ganas primer pada mata yang sering dijumpai pada anak usia di bawah 5 tahun. Gejala yang timbul berupa manik mata berwarna putih, mata kucing, juling, kemerahan, pembesaran bola mata, peradangan jaringan bola mata, dan penglihatan buram.



3. Osteosarkoma

Osteosarkoma atau kanker tulang adalah keganasan yang timbul di tulang. Terjadi pada usia 10-15 tahun, seringnya pada anak laki-laki. Kanker ini ditandai dengan gejala nyeri tulang di malam hari atau setelah beraktivitas, pembengkakan, kemerahan dan hangat di area nyeri, patah tulang setelah aktivitas rutin, gerakan tulang terbatas, nyeri menetap di punggung, demam, cepat lelah, penurunan berat badan, dan pucat.



(nwy/nwy)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi