sign up SIGN UP search


parenting

Penuhi Kebutuhan Protein Nabati Anak dengan Kedelai Yuk, Bun

Siti Hafadzoh Rabu, 24 Oct 2018 18:34 WIB
Anak nggak cuma butuh protein hewani. Mereka juga butuh protein nabati dari kacang-kacangan, misalnya kedelai. caption
Jakarta - Anak yang dalam masa pertumbuhan pasti butuh berbagai nutrisi kan, Bun. Satu saja nutrisi tak terpenuhi, tumbuh kembangnya pun akan terhambat. Nah, salah satu nutrisi yang dibutuhkan anak adalah protein.

Ada dua jenis protein yang harus dikonsumsi anak yaitu protein hewani dan nabati. Protein hewani bisa diperoleh dari daging, ikan, dan telur. Sedangkan, protein nabati bisa diperoleh dari kacang-kacangan seperti kedelai.

"Protein merupakan zat gizi esensial yang dibutuhkan untuk metabolisme tubuh, pertumbuhan, perkembangan, dan mengganti sel yang rusak. Komposisi antara protein nabati dengan protein hewani harus satu banding satu," ujar ahli gizi klinis, dr Ida Gunawan, MS SpGK(K) dalam acara 'Hari Pangan Sedunia' di Taman Kajoe, Jakarta Selatan, Rabu (24/10/2018).




Nah, untuk protein nabati, orang Indonesia biasa memperolehnya dari kedelai termasuk olahannya yaitu tempe dan tahu. Kedelai dijuluki dengan 'The King of Bean' lho, Bun. Soalnya, kedelai memiliki zat gizi yang lebih tinggi dibanding jenis kacang-kacangan lain.

Ilustrasi kedelaiIlustrasi kedelai/ Foto: thinkstock
"Kualitas protein kedelai lebih tinggi dibandingkan beras, jagung, dan terigu," ujar Prof Dr Ir Made Astawan, MS yang dikenal sebagai 'Bapak Kedelai dan Tempe Indonesia'.

Makanya, Bunda perlu memasukkan pangan berbahan kedelai ke dalam menu makanan sehari hari. Bentuknya nggak harus tempe, bisa dikreasikan supaya anak nggak bosan. Bisa dengan pudding kedelai atau tempe yang dikreasikan menjadi steak tempe. Jadi anak tertarik untuk mengonsumsi makanan ini.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!