Sign Up search


parenting

3 Produk Olahan dari Kedelai, Enak & Kaya Manfaat

Haikal Luthfi Selasa, 24 Mar 2020 19:01 WIB
3 Produk Olahan dari Kedelai, Enak & Kaya Manfaat Foto: Istimewa
Jakarta -

Seperti yang diketahui, kedelai merupakan tumbuhan jenis kacang-kacangan yang mengandung protein nabati yang tinggi. Pengolahan kedelai menghasilkan berbagai bentuk produk olahan, baik dalam bentuk makanan pokok, camilan, hingga minuman seperti susu.

Nah Bunda harus tahu terdapat berbagai macam produk olahan kedelai yang rasanya nikmat untuk dicicipi. Berikut ini, tiga produk olahan berbagan dasar kacang kedelai:



1. Tempe

 

tempetempe/ Foto: iStock

 

Tempe merupakan makanan tradisional khas Indonesia. Dibuat dari bahan baku kacang kedelai yang direbus kemudian di inokulasi dengan menaburkan ragi tempe (Rhizopus Oryzae). Setelah itu, tempe dibungkus dengan daun pisang yang pada prosesnya difermentasi hingga tempe siap olah. Selain rasanya enak, kandungan gizi nya juga tinggi. Mengutip Cultures for Health, tempe kaya dengan sumber protein dan vitamin B-12.

Agar dapat menghasilkan tempe berkualitas baik, diperlukan bahan-bahan yang berkualitas baik pula. Ciri tempe yang baik dilihat dari teksturnya yang tidak mudah hancur saat dipotong, tidak terdapat bercak hitam di permukaan tempe, serta warna pada tempe yang putih bersih.


2. Tahu

Makanan yang satu ini berbahan dasar kedelai. Teksturnya lembut dan umumnya berwarna putih ditemukan pertama kali di Tiongkok. Tahu merupakan isolat protein dari kedelai yang dipisahkan menggunakan asam, ion kalsium, atau bahan-bahan penggumpal lainnya. Pada prinsipnya, tahu dibuat dengan cara mengekstrak kedelai.

Mengutip Medical News Today, tahu mengandung isoflavon tinggi yang dapat menekan risiko terkena penyakit yang berkaitan dengan usia dan gaya hidup. Proses pembuatan tahu dapat dikatakan relatif mudah, dimulai dengan pembuatan sari kedelai kemudian digumpalkan dan dicetak dengan alat pencetak tahu. Agar tahu tidak masam, alat yang digunakan harus bersih dan higienis pula.

3. Susu Kedelai

susu kedelaisusu kedelai/ Foto: Istimewa

 

Susu kedelai pada dasarnya terbuat dari sari kedelai murni yang distabilkan. Susu kedelai ini memiliki kandungan gizi yang hampir sama dengan susu sapi. Yang membedakan, susu kedelai tidak menyebabkan alergi cocok untuk penderita lactose intolerance.

Mengutip Health line, susu yang berasal dari tumbuh-tumbuhan ini bebas kolesterol dan rendah lemak jenuh. Sehingga satu gelas susu kedelai tanpa pemanis mengandung sekitar 80 sampai 100 kalori. Susu kedelai diperoleh dengan cara dihaluskan, disaring, kemudian dimasak. Variasi susu kedelai tersedia dengan bermacam rasa sesuai selera, seperti rasa cokelat ataupun jahe.


Simak juga Bun resep puding susu kedelai pada video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



 






(haf/haf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi