sign up SIGN UP search


parenting

Si Kecil Doyan Makan Tempe, Bun? Ini 5 Manfaatnya

Radian Nyi Sukmasari Senin, 10 Sep 2018 18:24 WIB
Tempe bisa jadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Nah, bila si kecil doyan makan tempe ada beberapa manfaat yang bisa didapat. caption
Jakarta - Tempe, olahan kedelai yang bisa jadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Termasuk anak-anak, ada lho yang doyan makan tempe baik dengan cara digoreng, ditumis, atau dijadikan masakan lain.

Seperti keponakan saya yang berumur 8 tahun nih, Bun. Dia hobi banget makan tempe yang ditepungi. He-he-he. Bicara soal tempe, ketika anak doyan mengonsumsinya ada beberapa manfaat yang bisa didapat lho.

Dirangkum HaiBunda dari berbagai sumber ini dia 5 manfaat makan tempe bagi anak.


1. Sumber Protein Nabati

Tempe merupakan sumber protein nabati. Mengandung serat pangan, kalsium, vitamin B dan zat besi. Kandungan antibiotika dan antioksidan di tempe juga bisa menyembuhkan infeksi serta mencegah penyakit degeneratif. Dalam 100 gram tempe terkandung 201 kkal energi, 20,8 g protein, 8,8 g lemak, 13,5 g karbohidrat dan 1,4 g serat.

Apalagi untuk anak yang sedang makan Makanan Pendamping ASI (MPASI), tempe bisa jadi sumber protein nabati atau kacang-kacangan sebagai salah satu unsur 4 bintang (karbohdirat, kacang-kacangan, protein hewani, buah, dan sayur).



2. Cegah Kolesterol dan Kanker

Kedelai yang merupakan bahan baku tempe memiliki manfaat ketika dikonsumsi anak. Beberapa studi menunjukkan konsumsi kedelai bisa membantu anak terhindar dari penyakit yang rentan menyerang saat dewasa seperti kolesterol dan kanker. Pada remaja, tempe disebut bisa meredakan konstipasi.

TempeIlustrasi tempe/ Foto: Dok. Rusto's Tempeh

3. Kaya Nutrisi

Dosen Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB Prof Dr Ir Made Astawan, MS bilang kedelai yang merupakan bahan baku tempe mengandung 40 persen protein yang terdiri dari asam lemak esensial dengan daya cerna yang sangat baik, 15 persen oligosakarida dan monosakarida, 15 persen serat, dan 20 persen lemak yang sebagian besar terdiri dari asam lemak tak jenuh.

4. Atasi Penyakit Mag

Gangguan lambung seperti sakit mag juga bisa dialami anak-anak. Ya nggak, Bun? Nah, kata dr Samuel Oentoro, MS, SpGK tempe memang bisa mengatasi penyakit maag. Soalnya, tempe mengandung protein yang bagus dan senyawa anti inflamasi (peradangan). Protein dalam tempe sudah siap diserap tubuh karena sudah lebih dulu dicerna oleh kapang (jamur) yang ada di tempe.

5. Menjaga Kesehatan Kulit Anak

Sebuah penelitian membuktikan manfaat lain dari kedelai yang merupakan bahan baku tempe yakni mengencangkan kulit. Ini karena ada Genistein, Bun, sejenis hormon yang ditemukan dalam kedelai. Hormon ini terbukti meningkatkan produksi kolagen, salah satu protein yang fungsi utamanya menjaga kekencangan kulit.

(rdn/nwy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi