parenting

5 Makanan yang Pantang Dikonsumsi Anak Saat Demam, Batuk & Pilek

Asri Ediyati Jumat, 16 Nov 2018 14:03 WIB
5 Makanan yang Pantang Dikonsumsi Anak Saat Demam, Batuk & Pilek
Jakarta - Musim penghujan tiba, itu artinya cuaca jadi lebih dingin dan lembap. Kondisi seperti ini, sering menyebabkan anak terserang demam disertai batuk dan pilek. Dilansir detikcom, Medical Manager PT Kalbe Farma, dr Helmin Agustina Silalahi menyarankan untuk menerapkan gaya hidup sehat. Sehingga dapat menjaga kesehatan seluruh keluarga dari penyakit musiman tersebut.

"Penting penerapan gaya hidup sehat dan deteksi dini gangguan kesehatan akibat perubahan iklim ini. Asupan yang dianjurkan adalah sesuai dengan pola gizi seimbang di mana terpenuhi asupan makro dan mikro nutrien. Jika perlu, dapat mengkonsumsi suplemen untuk meningkatan daya tahan tubuh," ujar dr Helmin.

Lalu, bagaimana menjaga kesehatan anak yang rentan sakit menghadapi perubahan cuaca? Jangan panik dulu Bunda, saat menghadapi anak yang sudah terlanjur demam, batuk dan pilek. Usahakan untuk selalu memberikan makanan yang bisa mempercepat kesembuhannya. Selain itu, hindari jenis makanan yang berpotensi membuat sakit si kecil makin parah ya.


Melansir dari Parents, berikut lima jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat anak demam dan batuk pilek.

1. Susu sapi

Susu sapi dipercaya dapat memperparah penyumbatan hidung. Bunda bisa mengurangi jumlah susu yang dikonsumsi anak, atau menghentikannya sama sekali selama ia sakit. Sebagai gantinya, Bunda bisa memberikan produk susu olahan lainnya seperti keju atau susu kedelai selama periode ini.

2. Beberapa sayuran

Sayuran seperti mentimun, labu pahit, dan labu tidak dianjurkan untuk anak-anak di bawah usia satu tahun. Sebab, sayuran tersebut memiliki efek mendinginkan tubuh. Jadi lebih baik dihindari saja ya Bun, agar batuk si kecil cepat sembuh.
5 Makanan yang Pantang Dikonsumsi Anak Saat Demam, Batuk & Pilek ilustrasi anak demam/ Foto: Thinkstock

3. Makanan manis

Terlalu banyak gula tidak baik untuk siapa pun, terutama untuk bayi dan balita. Jadi, makanan manis wajib dihindari balita selama menderita batuk.

4. Buah kering dan kacang

Jauhkan buah kering dan kacang dari anak yang menderita batuk. Kedua makanan itu menghambat proses penyembuhan karena sulit dikunyah. Bahkan sisa remahan buah dan kacang bisa terjebak di tenggorokan, jika mereka terbatuk saat makan. Terutama pada anak-anak di bawah usia dua tahun.

5. Makanan pedas dan berminyak

Makanan yang pedas atau memiliki banyak kandungan minyak, dapat mengiritasi tenggorokan. Selain itu bisa memperburuk batuk dan demam anak. Jadi, lebih baik menghindarinya sampai batu benar-benar sembuh.

(aci/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi