sign up SIGN UP search


parenting

Keseruan Fairuz A Rafiq Saat Beri Putrinya MPASI Pertama

Ratih Wulan Pinandu Sabtu, 24 Nov 2018 11:05 WIB
Seluruh anggota keluarga sampai ikutan mencoba MPASI untuk putri kecil Fairuz A Rafiq, Ejiaz. caption
Jakarta - Tanpa terasa, usia anak kedua Fairuz A Rafiq sudah memasuki usia 6 bulan. Artinya, si kecil Queen Eijaz Slofa sudah saatnya menerima makanan pendamping ASI (MPASI).

Fairuz dan Sonny Septian sangat antusias mengenalkan makanan padat pada Eijaz, Bun. Melalui Instagram-nya, artis berhijab itu berbagi momen pertama saat Eijaz menerima MPASI pertamanya.

"Alhamdulilah baby queen eijaz sudah mulai masuk di tahap MPASI dan ini video makan pertama queen eijaz nih...karena semua gak mau ketinggalan moment makan pertama eijaz jadi daddy dan King Faaz ikutan deh," terang Fairuz pada video yang diunggah di Instagram.


Ya, dalam kesempatan tersebut Sonny juga menerima suapan Fairuz. Begitu pula dengan anak pertamanya, King Faaz A Rafiq yang minta disuapi sang bunda.

Rupanya, hal itu menjadi perhatian netizen. Banyak Bunda yang penasaran dan menanyakan menu MPASI pertama untuk si cantik Ejiaz. Seperti dituturkan netizen berikut ini.

[Gambas:Instagram]

"Mb @fairuzarafiq kasih info dong makann pertama x mpasi yg di makan apa yaa..maklum ibu baru jadi bnyak mau tau.atau di kasih biskuit dulu.anak q sekarang baru 4bulan setengah," tulis akun @daemoollovenyaafe.

"Itu makannya sih cantik apa ka fairus aku jga anak ku baru mau mulai MPASI," tulis akun @caca_kinoy.

Bunda, mengalami hal yang sama? Memang, nggak sedikit Bunda yang kebingungan memilih MPASI pertama untuk anaknya. Dokter ahli penyakit nutrisi dan metabolik anak, Dr dr Damayanti Rusli Sjarif SpA menekankan jika pemberia MPASI harus memenuhi zat yang terkandung di dalam ASI. Tapi nggak boleh sembarangan ya, Bun karena tidak semua buah dan sayur bagus dikonsumsi bayi.

Melansir CNN Indonesia, dr Damayanti menyebut jika sayuran sebaiknya tidak diberikan terlalu dini. Sebab, bayi belum bisa mencerna sayuran yang ada di dalam sayuran. Mereka baru bisa mencerna serat dengan baik setelah berusia di atas 2 tahun.

"Jadi konsepnya, sayur dan buah dikenalkan tapi jumlahnya tidak terlalu banyak. Yang penting sudah mengenal rasa misalnya (sayur) sekuntum saja," ujar dr Damayanti.

Sedangkan Today Parents menyebut jika MPASI yang paling mudah dipersipakan adalah pisang dan alpukat matang. Sebelum mengenalkan makanan padat, bayi yang baru memulai MPASI bisa diberi puree lebih dulu.

Setelah terbiasa mengonsumsi puree, baru kenalkan bayi pada makanan bertekstur lebih padat secara bertahap. Bunda bisa memblender makanan yang akan dimasak, agar bayi mau mencobanya. Membiasakan si kecil untuk menerima makanan dari berbagai tingkatan tekstur dapat mencegah anak jadi si picky eater lho.

(rap/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi