sign up SIGN UP search


parenting

4 Tips Hentikan Kebiasaan Anak Menggigit Kuku

Siti Hafadzoh Selasa, 27 Nov 2018 18:06 WIB
Kebiasaan buruk menggigit kuku bisa berdampak buruk bagi kesehatan anak lho, Bun. Makanya, hentikan kebiasaan itu dengan 4 tips berikut ini. caption
Jakarta - Sebagian anak punya kebiasaan menggigit kuku dengan berbagai alasan, mulai dari cemas, stres, atau bosan. Bagaimana pun, kebiasaan menggigit kuku harus dihentikan sejak kecil karena kebiasaan ini akan membawa penyakit dan infeksi.

Dilansir Mom Junction, sekitar 50 persen dari anak usia 10 - 18 tahun memiliki kebiasaan menggigit kuku. Karena mengigit kuku adalah kebiasaan buruk yang mengganggu, bantu anak untuk hentikan kebiasaan menggigit kuku dengan 4 tips ini.

1. Bicarakan dengan anak


Bicarakan dengan anak tentang alasan dia melakukan kebiasaan menggigit kuku. Kalau penyebabnya seperti bosan atau stres, diskusikan lagi bagaimana cara mengatasi dan menghilangkan penyebabnya tersebut.

2. Biarkan anak akibat kebiasaan menggigit kuku

Biarkan anak tahu tentang kuman dan penyakit di balik kebiasaan gigit kuku. Jadi, dia harus menghentikan kebiasaan ini secepatnya. Bantu anak mengerti bahwa penyakit muncul karena kuman bisa masuk lewat kuku yang dia gigit.

3. Beri reward

Buat persetujuan dengan anak, Bunda akan memeriksa kukunya setiap hari. Kalau dia berhasil nggak gigit kuku lagi, berikan hadiah. Tidak perlu berupa barang kok. Bisa dengan memasak makanan atau dessert kesukaannya.

ilustrasi anak gigit kukuilustrasi anak gigit kuku/ Foto: iStock
4. Merias kuku

Pada anak perempuan, trik ini mungkin akan berhasil. Ajak anak untuk merias kuku dengan menggunakan cat kuku (kuteks). Setelah itu, berikan pujian bahwa kukunya terlihat lebih cantik dibandingkan waktu dia menggigit kuku. Kalau begini, sepertinya anak juga nggak mau menggigit kukunya yang cantik itu.

Kebiasaan menggigit kuku ini tidak boleh dibiarkan, Bun. Selain membuat kuku jadi tidak indah, kebiasaan ini juga bisa menyebabkan infeksi lho. Dikutip dari detikcom, menggigit kuku dapat membuat kuman-kuman yang ada di jari masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan infeksi.

"Biasanya enzim di air ludah maupun asam lambung mampu menghilangkan kuman yang masuk lewat makanan. Namun pada beberapa kuman, terutama yang masuk lewat jari tangan atau kuku, sulit dihilangkan dan bisa menimbulkan masalah saluran cerna," ujar Lauren Ploch, MD, pakar dermatologi.

Makanya, sebelum infeksi terjadi, kebiasaan buruk ini harus segera dihentikan. Kalau nggak dihentikan sejak kecil, anak akan membawa kebiasaan menggigit kuku ini hingga dewasa.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi