parenting

Tips Mencegah Anak Rewel Selama Traveling

Safira Raudhatul Rabu, 05 Dec 2018 07:08 WIB
Tips Mencegah Anak Rewel Selama Traveling
Jakarta - Vicky Shu sedang menikmati perannya sebagai ibu baru. Pada Juli lalu, istri Ade Imam itu melahirkan anak pertamanya, Abimanyu Manggala Nugroho Putro. Kini, setelah Abimanyu berusia 4 bulan lebih mulai diajak Vicky dan Imam jalan-jalan, Bun.

Baru-baru ini, Vicky memboyong Abimanyu traveling ke Solo. Tak tanggung-tanggung, saat di sana Vicky mengajak si kecil untuk mengunjungi perayaan Sekaten.

"Sekaten merupakan acara tradisi yang digelar sejak abad 15 dengan tujuan untuk memperingati hari kelahiran nabi Muhammad SAW. Tradisi ini selalu ditunggu oleh masyarakat Solo dan Jogja saat menjelang penutupan akhir tahun." kata Vicky Shu di Instagram-nya.


Vicky menambahkan, Sekaten biasanya selalu diadakan selama satu bulan penuh. Pada perayaan malam puncak, akan diadakan Grebeg Maulud Nabi yang menghadirkan kirab gunungan.


Selain mengajak Abimanyu mengenal budaya lokal, Vicky Shu juga mengajak anaknya untuk berlibur ke Disneyland dan Kawaguchiko. Diakui Vicky, jika itu merupakan pengalaman pertamanya membawa bayi ke luar negeri. Namun untungnya, si kecil tetap senang dan nggak rewel selama di perjalanan.

Bunda dan Ayah juga berencana membawa si kecil liburan? Dilansir Better Health, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan jika ingin membawa anak dalam perjalanan jauh.

1. Menyiapkan perlengkapan

Traveling membawa anak, jadi tantangan tersendiri untuk orangtua. Agar perjalanan tetap menyenangkan siapkan perlengkapan bayi mulai dari pakaian, popok, minyak telon, hingga stroller. Jika membawa stroller membuat orangtua kerepotan, Bunda bisa menanyakan ke petugas travel untuk menyewa kereta dorong bayi, tempat tidur bayi, hingga kursi makan bayi.

2. Membawa mainan anak

Saat anak merasa lelah dan jenuh, Bunda bisa memberikan mainan. Bawakan mainan yang mudah dibawa seperti flash card, mobil-mobilan atau boneka.

3. Menjaga rutinitas makan anak

Jangan sampai mengubah pola makannya ya, Bun, agar si kecil nggak rewel atau sakit saat traveling. Bunda bisa membawa banyak makanan ringan untuk mengantisipasi si kecil kelaparan di jalan.

4. Mengurangi risiko mual

Saat berpergian seperti Vicky Shu kadang kita menyewa kendaraan untuk mengelilingi tempat wisata, kadangkala itu dapat memicu risiko mual dan muntah. Ada beberapa hal yang dapat mengurangi risiko mual misalnya sering beristirahat, pastikan anak tidak terus menatap layar smartphone, membaca buku di saat perjalanan. Jika anak mengeluh mual, boleh diberikan obat anti mual saat dan hindari makanan berat dan berminyak.

5.Konsumsi makanan yang baik

Untuk mencegah anak sakit saat di jalan, Bunda bisa menghindari makanan mentah atau setengah matang.
"Sebelum melakukan perjalanan jauh, pastikan anak dalam kondisi sehat dan dia beraktivitas seperti biasanya. Jika anak masih bayi, pastikan dia sudah lengkap imunisasinya," kata dr Riana, Sanofi Medical Expert.

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi