parenting

Tips Enno Lerian Traveling Bareng Empat Anak

Amelia Sewaka Sabtu, 19 Jan 2019 20:25 WIB
Tips Enno Lerian Traveling Bareng Empat Anak
Jakarta - Bepergian alias traveling bareng anak itu memang nggak mudah, Bun. Tapi, mantan penyanyi cilik, Enno Lerian, berhasil lho membawa jalan-jalan keempat anak secara bersamaan, keren! Hmm, apa ya tipsnya?


"Nggak boleh ekspektasi tinggi karena kita harus tahu mood anak. Apalagi aku bawa anak yang usianya 15 tahun, 5 tahun, 2 tahun, dan 1 tahun," kata Enno dalam acara 'HiLo School Dukung Tumbuh Kembang 2 Juta Anak Indonesia Melalui Kompetisi Mewarnai dan Aplikasi Bermain Edukatif' di Aloft Hotel, Menteng, Jakarta Pusat, baru-baru ini.


Enno bilang, Bunda juga harus perhatikan beberapa hal ketika bawa anak traveling seperti pola tidur anak dan jam lapar. Terpenting adalah dari pagi hingga sore, meski dalam perjalanan, anak harus selalu dalam keadaan kenyang. Karena kalau anak udah lapar, pasti akan cranky.

[Gambas:Instagram]


"Ketika ada jeda lalu anak lapar, udah deh cranky pasti. Siapin camilan kayak susu, makanan kecil seperti roti dan buah, yang bisa mengurangi lapar anak. Jangan lupa, camilannya juga harus bernutrisi," tambah Enno Lerian.

Bisa juga bawa makanan atau camilan yang ibunya juga bisa makan. Jangan sampai Bunda jadi ikut cranky karena kelaparan. Tenaga kita lebih banyak dibutuhkan dalam perjalanan ini lho.


Di kesempatan yang sama, Psikolog Keluarga dan Pernikahan, Nadya Pramesrani, juga ikut memberikan tips. Menurut Nadya, orang tua perlu memberi briefing anak dari awal saat hendak traveling. Dalam artian, Ayah dan Bunda wajib memberi tahu tempat dan akan ada apa saja di sana.

"Briefing anak dari awal. Mau ke mana, ada apa di sana, ngapain kita di sana. Jangan lupa kasih anak set of behaviour untuk menenangkan diri anak jikalau mereka cranky," imbuh psikolog dari Rumah Dandelion ini.

Misal nih, Bun, kasih tahu beberapa hal ke anak seperti, 'Kamu bisa peluk Mama, kalau kamu nggak suka tempatnya' atau kita bisa bilang, 'Kalau kamu nggak suka tempatnya bilang ya, Nak, biar kita pergi dari situ'. Buat anak senyaman mungkin, meski dalam suatu perjalanan.

"Anak-anak, ketika diajak ke lingkungan baru walaupun mereka senang-senang aja, pasti akan ada aja glitch-nya. Intinya, komunikasi ke anak itu penting dalam traveling," kata Nadya.

[Gambas:Video 20detik]



(aml/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi