sign up SIGN UP search


parenting

Dampak Hebat Kosmetik Oplosan pada Janin Bunda

Zika Zakiya   |   Haibunda Rabu, 05 Dec 2018 12:36 WIB
Penggunaan kosmetik berbahaya saat hamil dapat menyebabkan janin jadi cacat, Bun. Hati-hati ya, jangan sembarangan memilih produk kecantikan! caption
Jakarta -

Kabar pagi ini dibuka dengan tertangkapnya produsen kosmetik palsu dan obat kecantikan oplosan di Kediri, Jawa Timur. Ternyata produsen ini menghasilkan produk kecantikan palsu lewat campuran produk asli dari brand lain, dengan produk buatan mereka sendiri.


Tak tanggung-tanggung lho Bunda, produsen ini sampai mengendorse enam selebriti Ibu Kota! Jangan sampai Bunda tertipu ya, apalagi buat Bunda yang sedang hamil.

Kosmetik palsuKosmetik palsu Foto: Hilda Meilisa Rinanda


Menurut dr.Liva Wijaya SpOG dari RS.Mitra Kemayoran, kandungan kosmetik oplosan yang tidak jelas komposisinya, bisa membuat janin mengalami kecacatan hingga kematian. "Kosmetik itu mengandung zat yang boleh dan zat yang tidak boleh digunakan. Nah sedangkan zat yang boleh saja ada yang tidak aman untuk kehamilan. Apalagi oplosan yang tidak jelas kandungannya," papar dr.Liva saat berbincang dengan HaiBunda, Rabu (5/12).



Janin yang terpapar kandungan kosmetik oplosan bisa mengalami degradasi mental di mana saat lahir nanti akan mengalami kemunduran intelektual. "Atau bahkan kecacatan organ, kelainan bentuk mata, hingga kelainan bentuk kaki dan tangan," tambahnya.

Biasanya proses paling mengerikan terjadi di trimester pertama. Saat itu janin sedang mengalami pertumbuhan organ. Jika di fase itu bayi terpapar zat-zat berbahaya dari kosmetik oplosan, maka deformasi bisa langsung terjadi.

Kosmetik palsuKosmetik palsu Foto: Hilda Meilisa Rinanda

"Si ibu tidak akan merasakan apa pun, tapi saat USG akan terlihat tuh ada kelainannya," ujar dr.Liva.

Ditambahkan oleh dr.Liva bahwa risiko tertinggi zat berbahaya yang diserap oleh janin adalah berasal dari obat yang diminum.

(ziz/rap)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!