parenting

Cara Aman Atasi Sakit Gigi untuk Semua Anggota Keluarga

Yuni Ayu Amida Minggu, 09 Dec 2018 18:03 WIB
Cara Aman Atasi Sakit Gigi untuk Semua Anggota Keluarga
Jakarta - Terkadang, kita lalai memperhatikan kesehatan gigi. Menyikat gigi saja seringkali dirasa cukup untuk menjaga gigi tetap sehat.

Dokter spesialis gigi anak, Annisa Rizki Amalia, menyayangkan gigi bukan jadi perhatian utama bagi sebagian besar masyarakat. Padahal, mulut dan gigi adalah jalan masuk makanan. Menurutnya, kondisi gigi dan mulut berkaitan erat dengan gizi anak.


"Seseorang biasanya akan memeriksa gigi ke dokter ketika ada rasa nyeri atau sakit yang tak tertahankan. Padahal, kesehatan gigi akan lebih baik jika dijadikan perhatian sejak dini," kata Annisa, dikutip dari CNN Indonesia.


Lebih lanjut, dr Annisa mengatakan bahwa masalah gigi pada anak biasanya timbul karena kebiasaan menyikat gigi yang tidak teratur atau tidak benar. Bisa juga akibat konsumsi gula berlebihan.

Nah, kalau ada anggota keluarga yang mengeluh sakit gigi, Bunda bisa mengatasi segera dengan aman dan mudah di rumah. Dilansir Healthline, berikut enam cara meredakan sakit gigi.

1. Air garam

Ilustrasi air garamIlustrasi air garam Foto: iStock

Air asin adalah disinfektan alami yang dapat membantu melonggarkan partikel makanan dan kotoran, yang biasanya menempel di antara gigi. Mengobati sakit gigi dengan air garam juga dapat membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka mulut.

Caranya, campurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, lalu gunakan sebagai obat kumur.

2. Kompres dengan es batu

Rasa dingin bisa mengurangi pembengkakan dan peradangan. Mengompres dengan es batu dapat menyebabkan pembuluh darah di area yang dikompres menyempit, yang bisa mengurasi rasa sakit pada gigi.

Caranya, bungkus es batu dengan handuk, kemudian kompres bagian yang sakit dengan handuk tersebut selama 20 menit. Lakukan beberapa kali.

3. Kantong teh peppermint

Kantong teh peppermint dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dan menenangkan gusi sensitif. Cara menggunakannya, dinginkan kantong teh peppermint bekas pakai, bisa dengan memasukkannya ke dalam freezer beberapa menit, kemudian oleskan ke gigi yang sakit.

4. Bawang putih

Ilustrasi bawang putihIlustrasi bawang putih Foto: Istock

Selain membunuh bakteri berbahaya yang menyebabkan plak gigi, bawang putih juga bisa menghilangkan rasa sakit. Cara menggunakannya, haluskan bawang putih, kemudian oles ke bagian yang sakit. Atau bisa juga dengan mengunyah bawang putih segar.

5. Minyak cengkeh

Cengkeh mengandung eugenol, yang merupakan antiseptik alami. Sepanjang sejarah, cengkeh telah digunakan untuk mengobati sakit gigi karena minyaknya efektif menghilangkan rasa sakit dan mengurangi peradangan.

Caranya, teteskan minyak cengkeh ke kapas lalu oles ke bagian yang sakit. Lakukan beberapa kali dalam sehari. Bisa juga dengan menambahkan setetes minyak cengkeh dalam segelas air untuk obat kumur.


6. Daun jambu biji

Ilustrasi daun jambu bijiIlustrasi daun jambu biji Foto: iStock

Daun jambu biji memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menyembuhkan luka. Mereka juga memiliki aktivitas antimikroba yang dapat membantu dalam perawatan mulut.

Caranya, kunyah langsung daun jambu biji yang segar. Bisa juga larutkan daun jambu biji yang sudah ditumbuk ke air mendidih untuk dijadikan obat kumur. (yun)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi