Sign Up search


parenting

4 Obat Sakit Gigi Alami yang Aman untuk Anak

Yuni Ayu Amida Minggu, 09 Feb 2020 16:01 WIB
4 Obat Sakit Gigi Alami yang Aman untuk Anak 4 Obat Sakit Gigi Alami yang Aman untuk Anak/ Foto: iStock
Jakarta - Sakit gigi membuat siapa pun yang mengalami akan merasa tidak nyaman, Bunda, terutama jika sakit gigi dialami anak-anak. Nah, ketika anak sakit gigi, sebaiknya jangan langsung panik. Bunda bisa melakukan pengobatan di rumah untuk pertolongan pertama lho.

Menurut dokter gigi Oktri Manessa dari Oktri Manessa Dental Clinic (OMDC), sejak sekolah dasar, anak-anak sebenarnya sudah mengalami masalah dengan gigi. Meski begitu, masalah yang sering ditemui di usia anak-anak sekolah dasar berbeda dengan masalah gigi dewasa.


"Masalah pada gigi anak-anak ini umumnya muncul karena kurangnya edukasi dari orang tua," ucap Oktri, dilansir CNN Indonesia.


Di antara masalah gigi pada anak-anak, salah satunya adalag gigi berlubang, Bunda. Nah, biasanya ini disebabkan karena mereka tidak rutin menyikat gigi.

"Orang tua biasanya suka membiarkan anak kalau mereka tidak mau sikat gigi sehabis makan, atau sebelum tidur. Ini yang harus dihindari," tegas Oktri.

Nah, berikut ini beberapa tindakan dengan bahan-bahan alami yang bisa Bunda lakukan untuk membantu meredakan sakit gigi pada anak, dilansir Medical News Today.

1. Kompres dengan es batu

4 Obat Sakit Gigi Alami yang Aman untuk Anak4 Obat Sakit Gigi Alami yang Aman untuk Anak /Foto: iStock


Menggunakan kompres dingin dapat membantu meringankan rasa sakit karena sakit gigi. Caranya, bungkus es dengan handuk. Kemudian tempelkan handuk pada sisi wajah atau rahang yang terdampak. Ini bisa membantu menyempitkan pembuluh darah di area tersebut, dan dapat mengurangi rasa sakit.

Menerapkan kompres dingin ke area tersebut selama 15 - 20 menit, setiap beberapa jam di malam hari juga dapat membantu mencegah rasa sakit saat tidur.

2. Kumur-kumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam adalah cara sederhana dan juga obat rumah yang umum untuk sakit gigi. Air garam adalah agen antibakteri alami, sehingga dapat mengurangi peradangan. Ini membantu melindungi gigi yang rusak dari infeksi.

Berkumur dengan air garam juga dapat membantu menghilangkan partikel makanan atau kotoran yang tersangkut di gigi atau gusi.

3. Teh peppermint

Menghirup teh peppermint atau menghisap teh peppermint juga bisa membantu menghilangkan rasa sakit sementara pada gigi. Para peneliti mencatat, peppermint mengandung senyawa antibakteri dan antioksidan. Menthol, bahan aktif dalam peppermint, mungkin juga memiliki efek mati rasa ringan pada area sensitif.

4. Bawang putih

Bawang putih adalah salah satu bumbu dapur yang biasa digunakan beberapa orang untuk meredakan sakit gigi. Allicin, yang merupakan senyawa utama dalam bawang putih, memiliki efek antibakteri yang kuat yang dapat membantu membunuh bakteri di mulut yang menyebabkan gigi berlubang dan sakit gigi.

Caranya, cukup mengunyah satu siung bawang putih dan membiarkannya di dekat gigi. Ini dapat membantu meringankan rasa sakit. Meski begitu, rasa bawang putih mentah kadang terlalu kuat untuk sebagian orang. Terutama anak-anak, jika tidak biasa mungkin akan sulit melakukannya.


Bunda, simak juga 5 jenis makanan untuk mencerdaskan otak anak, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi