sign up SIGN UP search


parenting

8 Bahan Alami untuk Atasi Biang Keringat pada Anak

Asri Ediyati   |   Haibunda Senin, 10 Dec 2018 11:05 WIB
Biang keringat umum terjadi pada bayi dan anak-anak. Berikut delapan bahan alami untuk mengatasinya. caption
Jakarta - Hidup di daerah tropis membuat kita rentan mengalami heat rash atau lebih dikenal sebagai biang keringat. Dilansir detikcom, orang dewasa juga bisa terkena biang keringat, tapi pada faktanya lebih sering terjadi pada bayi dan anak-anak.

"Biang keringat memang lebih sering terjadi pada bayi dan anak-anak. Ini karena kelenjar keringatnya masih belum matang betul, sehingga mudah tersumbat dan pecah," tutur dokter spesialis kulit dan kelamin dari EDMO Clinic Jakarta Selatan, dr Eddy Karta, SpKK.

Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari pakaian yang tidak menyerap keringat, hingga kebersihan kulit yang kurang terjaga dengan baik. Untuk mencegahnya, dokter spesialis kulit dan kelamin dari D&I Skin Center Denpasar menyarankan orang tua untuk memakaikan pakaian longgar ke anak.


Namun, jika anak Bunda sudah terlanjur mengalami biang keriangat, bisa diatasi dengan mudah kok. Berikut 8 bahan alami atasi biang keringat pada anak dikutip dari First Cry.


1. Kompres dingin

Kompres bagian kulit yang terkena biang keringat dengan es yang telah dibungkus kain lembut. Itu akan membuat si kecil merasa nyaman. Selama musim panas, kompres dingin akan benar-benar membantu.

2. Timun

Timun menjadi bahan alami yang membuat si kecil cepat sembuh dari biang keringat. Bunda bisa langsung menaruh timun di kulit anak. Timun juga memiliki sifat pendingin. Setelah mengaplikasikan atau menggosokkan timun ke biang keringat, basuh kulit anak dengan air dingin.

8 Bahan Alami untuk Atasi Biang Keringat pada AnakTimun meredakan biang keringat/ Foto: Istimewa
3.Tea tree oil

Tea tree oil memiliki sifat anti-inflamasi dan sangat membantu meredakan biang keringat anak.

4. Ketumbar

Ketumbar juga bisa diaplikasikan ke area biang kerngat. Bunda bisa aplikasikan pada kulit anak sebelum mandi.

5. Chamomile

Chamomile adalah bahan yang sangat menenangkan yang memiliki sifat penyembuhan. Chamomile bisa membantu mengurangi iritasi dan peradangan juga. Bunda bisa menyiapkan minyak dengan mengencerkan satu atau dua tetes chamomile dalam dua sendok teh minyak kelapa.

6. Madu

Madu memiliki beberapa sifat yang menyembuhkan biang keringat bayi dalam waktu singkat. Bunda dapat menggunakan madu beberapa saat sebelum memandikan anak.

7. Oatmeal

Selain memiliki banyak manfaat untuk kulit, oatmeal dikenal karena sifat anti-inflamasi. Oatmeal juga memiliki khasiat untuk mengurangi gatal pada kulit.

8 Bahan Alami untuk Atasi Biang Keringat pada AnakOatmeal redakan biang keringat/ Foto: Thinkstock
8. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki kandungan yang menyembuhkan dan mendinginkan kulit. Gel lidah buaya bisa Bunda oleskan ke daerah yang terkena biang keringat. Lakukan ini tepat sebelum anak mandi.

Selamat mencobanya ya, Bun!

(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!