parenting

Penyebab Utama Biang Keringat & 12 Cara Penanganan Alami Tanpa Obat

Ratih Wulan Pinandu Rabu, 04 Dec 2019 13:45 WIB
Penyebab Utama Biang Keringat & 12 Cara Penanganan Alami Tanpa Obat Obat biang keringat/Foto: iStock
Jakarta - Cuaca panas dan lembab, membuat anak-anak jadi mudah banget terserang biang keringat. Kondisi ini pasti membuat si kecil jadi enggak nyaman. Gatal dan sakit membuat mereka jadi mudah rewel, karena selalu ingin menggaruknya.

Kondisi yang dikenal juga sebagai ruam panas ini, umumnya terjadi ketika keringat terperangkap di bawah kulit. Anak-anak berkemungkinan lebih sering terkena biang keringat karena kelenjar keringat yang masih berkembang.


Menurut dr.Anna Juniawati Putri Gunawan, Sp.KK., biang keringat adalah salah satu risiko pada kulit kalau cuaca terlalu panas. Sehingga membuat anak rentan mengalami masalah kulit seperti ini.


"Kalau terlalu panas, kemudian anaknya kedinginan dibungkus dilapis-lapis, pakai minyak, pakaikan kaus dalam maka rentan biang keringat," ujar Anna belum lama ini.

Gejala biang keringat

Gejala biang keringat sangat mudah dilihat, Bun. Paling umum adalah munculnya benjolan merah dan gatal di bagian-bagian keringat terperangkap di bawah lapisan kulit.

Leher, bahu, dan dada adalah tempat paling umum sebagai tempat munculnya biang keringat. Lipatan kulit dan tempat-tempat di mana pakaian menggosok kulit, menjadi area dimana ruam panas bisa terjadi.

Setelah terjadi iritasi biasanya kulit akan menunjukkan reaksi dengan kemerahan, atau mungkin butuh beberapa hari untuk berkembang di kulit anak. Terkadang, biang keringat ini akan menjadi lepuhan-lepuhan kecil yang menyakitkan.

Penyebab Utama Biang Keringat & 12 Cara Penanganan Alami Tanpa ObatObat biang keringat/Foto: iStock

Hal itu terjadi karena kulit bereaksi terhadap keringat yang bocor di antara lapisan-lapisannya. Di lain waktu, bagian tubuh yang muncul biang keringat akan terlihat bengkak dan gatal terus-menerus.

Penyebab dan pemicu biang keringat

Cuaca panas yang menyebabkan kelembaban ditengarai sebagai pemicu utama terjadinya biang keringat. Ketika anak-anak berkeringat lebih banyak dari biasanya, kelenjar keringat menjadi kewalahan untuk mengatasinya.

Akibatnya, saluran keringat bisa menjadi tersumbat, dan menjebaknya di bawah kulit. Biang keringat sendiri sebenarnya sangat mungkin terjadi sepanjang tahun, tetapi paling sering terjadi di bulan-bulan dengan cuaca panas.

Beberapa orang yang terbiasa dengan iklim dingin cenderung mengalami biang keringat ketika berpergian untuk mengunjungi tempat-tempat tropis di mana suhunya jauh lebih tinggi.

Perawatan dan pengobatan biang keringat

Perawatan biang keringat bisa dilakukan dengan beberapa hal berikut ini, seperti dikutip dari Health Line:

- Lotion kalamin

- Steroid topikal

- Lanolin anhidrat

- Mengenakan pakaian longgar

- Menghindari produk kulit yang mengandung minyak bumi atau minyak meneral

Sedangkan cara pertama untuk mengobati biang keringat adalah dengan menjauhi iritan yang menyebabkan kulit teriritasi. Pastikan juga untuk mengganti pakaian yang berkeringat atau basah setelah berkeringat. Hindari memakai pakaian basah akibat keringat.

Saat anak-anak pindah ke lingkungan yang lebih dingin, biasanya sensasi gatal di bawah kulit butuh waktu untuk membaik. Obat alami untuk mengatasi biang keringat adalah dengan lotion kalamin. Di Indonesia sendiri banyak produk serupa yang ditawarkan dalam bentuk cair ya, Bun.

Usapkan secara merata di bagian kulit yang mengalami biang keringat. Sehingga dapat membantu mendinginkan kulit. Krim hidrokortison dalam dosis rendah juga bisa membantu meredakan rasa gatal yang ditimbulkan biang keringat.

Hindari memberikan bedak pada bagian yang mengalami biang keringat ya, Bunda. "Beberapa orang tua sering kali menggunakan bedak untuk mengobati biang keringat dan sebenarnya ini kurang tepat. Ketika biang keringat basah, jangan langsung memberikan bedak tabur, karena akan membuat pori-pori kulit tersumbat dan terjadi infeksi kulit," kata dr. Melisa Anggraeni, M.Biomed, Sp.A.

Penyebab Utama Biang Keringat & 12 Cara Penanganan Alami Tanpa ObatObat biang keringat/Foto: iStock

Menurut Melisa, pertolongan pertama yang bisa diberikan adalah dengan mengelap bagian yang muncul biang keringat dengan handuk basah. Setelah diekringkan baru diberikan dengan krim atau salep bayi yang mengandung zinc.

Pencegahan biang keringat

Cara paling efektif mencegah biang keringat adalah membuat anak-anak tidak berkeringat berlebihan. Jika tahu akan membawa anak ke daerah yang panas, atau cuaca sedang gerah dan berpotensi menimbulkn kelembaban pada kulit, segera kenakan pakaian katun yang longgar.

Saat mengajak anak bermain di luar ruangan, pilih perlengkapan yang membantu melembabkan kulit mereka. Selain itu, mandikan anak saat cuaca panas dan lembab. Mungkin, Bunda bisa memandikan anak hingga 3 kali sehari, agar kulit bebas keringat.

Sedangkan untuk di dalam rumah, bisa Bunda siasati dengan mengontrol suhu ruangan dengan AC. "Jadi triknya memang di rumah pakai AC, kalau bisa jangan di bawah 20 karena kulit bisa kering, antara 20 - 25 derajat celsius. Jangan di atas 25 karena bisa kepanasan," ujar Anna.

Cara mengatasi biang keringat pada bayi

Bayi sangat rentan mengalami biang keringat karena kelenjar keringat yang belum sepenuhnya berkembang. Kulit mereka tidak terbiasa dengan perubahan suhu yang cepat. Bayi paling sering mengalami biang keringat di wajah dan kulit di sekitar leher dan selangkangan.

Seperti kebanyakan ruam kulit, biang keringat tidak berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya. Hanya saja, mungkin bayi akan menjadi lebih rewel dan sulit untuk ditenangkan karena sensasi gatal dan panas yang mereka rasakan.

Saat Bunda melihat ada banyak bercak kecil melepuh berwarna merah di bawah kulit anak, segera evaluasi lingkungannya. Termasuk mengganti pakaian yang mereka kenakan. Apakah juga anak memakai baju berlapis-lapis? Atau, apakah baju yang dikenakan sesuai dengan suhu yang sedang berlangsung. Seperti misalnya pada saat panas anak mengenakan kaus dalam, baju luaran, dan bedong bayi.

Jangan abaikan juga gejala lainnya, seperti apakah anak jadi gelisah. Serta air kencing yang sedikit dan menunjukkan kalau mereka sedang mengalami dehidrasi? Mandi air dingin akan memberikan kelegaan bagi kulit yang berkeringat. Hindari juga memberikan produk perawatan kulit berbahan minyak, karena dapat membuat pori-pori tersumbat lebih parah lagi.

Pengobatan alami biang keringat

Jika Bunda tidak ingin memberikan banyak bahan-bahan kimia pada si kecil, bisa juga mencoba beberapa pengobatan alami berikut ini, dikutip dari First Cry.

1. Kompres dingin

Kompres bagian kulit yang terkena biang keringat dengan es yang telah dibungkus kain lembut. Itu akan membuat si kecil merasa nyaman. Selama musim panas, kompres dingin akan benar-benar membantu.

Penyebab Utama Biang Keringat & 12 Cara Penanganan Alami Tanpa ObatObat biang keringat/Foto: Thinkstock

2. Timun

Timun menjadi bahan alami yang membuat si kecil cepat sembuh dari biang keringat. Bunda bisa langsung menaruh timun di kulit anak. Timun juga memiliki sifat pendingin. Setelah mengaplikasikan atau menggosokkan timun ke biang keringat, basuh kulit anak dengan air dingin.

3.Tea tree oil

Tea tree oil memiliki sifat anti-inflamasi dan sangat membantu meredakan biang keringat anak.

4. Ketumbar

Ketumbar juga bisa diaplikasikan ke area biang keringat. Bunda bisa aplikasikan pada kulit anak sebelum mandi.

5. Chamomile

Chamomile adalah bahan yang sangat menenangkan yang memiliki sifat penyembuhan. Chamomile bisa membantu mengurangi iritasi dan peradangan juga. Bunda bisa menyiapkan minyak dengan mengencerkan satu atau dua tetes chamomile dalam dua sendok teh minyak kelapa.

6. Madu

Madu memiliki beberapa sifat yang menyembuhkan biang keringat bayi dalam waktu singkat. Bunda dapat menggunakan madu beberapa saat sebelum memandikan anak.

7. Oatmeal

Selain memiliki banyak manfaat untuk kulit, oatmeal dikenal karena sifat anti-inflamasi. Oatmeal juga memiliki khasiat untuk mengurangi gatal pada kulit.

8. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki kandungan yang menyembuhkan dan mendinginkan kulit. Gel lidah buaya bisa Bunda oleskan ke daerah yang terkena biang keringat. Lakukan ini tepat sebelum anak mandi.

9. Gunakan kipas angin atau AC

Kipas dan pendingin udara dapat menjaga suhu di dalam ruangan rendah dan membantu tubuh tetap dingin. Apalagi jika anak-anak sangat aktif bergerak, menyalakan kipas angin atau AC akan mencegah mereka berkeringat berlebihan.


10. Pakaian katun longgar

Berikan anak pakaian yang longgar akan membuat sirkulasi udara menyebar ke seluruh tubuhnya. Ini juga akan membantu tubuh mereka tetap dingin sehingga bisa mencegah biang keringat. Pilih juga bahan pakaian yang ringan dan tidak mudah berkeringat seperti katun atau kain alami.

11. Mandi dengan soda kue

Mungkin ini terdengar sedikit aneh, tapi menambahkan soda kue ke dalam bak mandi dapat membantu menenangkan kulit yang iritasi. Bunda bisa mencoba cara ini untuk anak satu tahun ke atas, untuk lebih amannya.

Cara ini namun masih menjadi perdebatan, Bun. Melansir Medical News Today, sebuah studi pada 2004 mengamati efek baking soda pada 31 orang dengan psoriasis ringan sampai sedang. Mereka yang mandi baking soda melaporkan peningkatan gatal dan iritasi kulit. Jadi, tergantung dengan kondisi kulit anak ya.

12. Cendana

Sebuah studi pada 2017 pada tikus menemukan bahwa cendana memiliki sifat analgesik dan anti-inflamasi. Cendana diklaim dapat membantu mengurangi beberapa gejala biang keringat yang tidak nyaman. Campurkan bubuk cendana dengan air, untuk membentuk pasta dan menerapkan di area biang keringat.

Penyebab Utama Biang Keringat & 12 Cara Penanganan Alami Tanpa Obat


Simak juga video di bawah ini, untuk mengetahui 2 obat mengatasi kulit terbakar matahari.

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi