parenting

7 Bahan Alami untuk Mengusir Nyamuk

Asri Ediyati Selasa, 11 Dec 2018 12:40 WIB
7 Bahan Alami untuk Mengusir Nyamuk
Jakarta - Saat musim hujan, nyamuk lebih banyak berkembang biak. Menurut Lula Kamal, dokter yang juga seorang artis, nyamuk saat ini lebih kuat dan bandel. Proses evolusi, membuat nyamuk sering kawin dan berkembang biak. Jadi, meskipun ukurannya makin kecil tapi kuat mengisap darah lebih banyak.

"Intinya dia akan gigit manusia, karena bau manusia bikin dia tertarik. Makin bau badan kita makin dia tertarik," kata Lula Kamal saat ditemui beberapa waktu lalu.

Wajar saja ya, Bun, badan si kecil sering bentol digigit nyamuk. Pasalnya, si kecil kan lebih aktif bergerak dan berkeringat. Sehingga baunya mengundang nyamuk jadi mendekat. Nah, sebelum nyamuk membuat kulit anak jadi kemerahan, kita cegah yuk dengan cara alami.


Dilansir Healthline, ada tujuh bahan alami yang ampuh mengusir nyamuk nih, Bun.

1. Minyak eukaliptus ditambah lemon

Minyak penolak nyamuk ini digunakan sejak tahun 1940-an. Menurut The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dari AS, minyak eukaliptus efektif mengusir nyamuk. Sebuah penelitian baru menunjukkan, campuran 32 persen minyak eukaliptus dan lemon, memberikan lebih dari 95 persen perlindungan terhadap nyamuk selama tiga jam.

2. Lavender

Aroma dan minyak yang dihasilkan bunga lavender dapat mengusir nyamuk. Penelitian menemukan minyak lavender efektif untuk mengusir nyamuk dewasa. Lavender memiliki kualitas analgesik, antijamur, dan antiseptik. Ini berarti bahwa selain mencegah gigitan nyamuk, minyak tersebut aman di kulit anak.
7 Bahan Alami untuk Mengusir NyamukLavender/ Foto: Thinkstock

3. Minyak kayu manis

Menurut sebuah penelitian di Taiwan, minyak kayu manis dapat mematikan telur nyamuk. Minyak tersebut juga bisa mengusir nyamuk dewasa, terutama nyamuk di Asia.

4. Minyak thyme

Minyak thyme adalah salah satu minyak terbaik untuk melawan nyamuk malaria. Dalam satu penelitian, 5 persen minyak thyme, memberikan tingkat perlindungan 91 persen. Kita juga bisa membakar daun thyme kering, penelitian menunjukkan daun thyme yang dibakar memberi perlindungan 85 persen selama 60 hingga 90 menit.

5. Minyak kedelai

Menurut University of Florida Medical Entomology Laboratory, produk berbasis kedelai bisa memberikan perlindungan jangka panjang dari nyamuk.
7 Bahan Alami untuk Mengusir NyamukIlustrasi kedelai/ Foto: Istock

6. Minyak serai

Minyak serai atau citronella adalah minyak esensial alami yang efektif menolak nyamuk. Ketika berada di luar ruangan, minyak serai dapat memberikan perlindungan hingga 50 persen lebih.

7. Minyak tea tree

Minyak tea tree, atau minyak melaleuca, adalah minyak esensial yang populer dari Australia. Minyak ini dikenal karena sifat antiseptik, antimikroba, dan anti-peradangannya. Tetapi penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa minyak tea tree bisa menjadi obat nyamuk yang efektif.

(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi