sign up SIGN UP search


parenting

Quality Time Sama Anak, Sharena Pilih Ikut Bermain Bareng Ryshaka

Asri Ediyati Selasa, 11 Dec 2018 16:03 WIB
Sharena menganggap quality time bersama anak nggak cuma soal durasi. Quality time bersama anak memiliki arti lebih dari itu. caption
Jakarta - Menjadi ibu tentu harus pintar mengatur waktu, antara pekerjaan dan keluarga. Artis Sharena Gunawan, memilih untuk menghabiskan lebih banyak waktunya dengan anak. Bahkan setelah kelahiran anak kedua, istri Ryan Delon ini memilih jadi ibu rumah tangga.

Setelah memutuskan rehat dari dunia hiburan, Sharena memilih untuk aktif di media sosial. Kini, ibu dua anak ini lebih dikenal sebagai influencer lho, Bun.

Menurutnya, itu keputusan terbaik agar bisa memiliki quality time untuk diri sendiri, dan anak pertamanya, Ryshaka. Baginya, quality time tak melulu soal durasi atau seberapa lama bisa bermain dengan anaknya. Namun, lebih ditekankan pada kualitas kebersamaan mereka.


"Lima menit atau sepuluh menit asal hadir banget buat anak, mereka sudah happy. Sisanya go with the flow. Main nggak butuh lama tapi berkualitas banget," kata Sharena di acara Konferensi Pers Peluncuran Cadbury Lickables, di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Selasa (11/12/2018).

Saat menghabiskan waktu bersama Ry, panggilan anak pertamanya, Sharena berusaha lebih interaktif dan melebur dalam permainan sang anak. Berbagai permainan pun dicoba olehnya, agar bisa memahami keseruan Ry saat bermain. Seperti misalnya role playing dengan anak.

Diakui Sharena, jika Ry merupakan anak yang banyak bertanya. Namun, hal itu malah mendatangkan keuntungan tersendiri untuknya. Lewat momen tanya-jawab, Sharena bisa mengajarkan Ry mengenai banyak hal. Menurutnya, ada banyak cara menyenangkan untuk membuat anaknya menyerap banyak ilmu pengetahuan.

"Main di rumah lebih asyik, anak nggak perlu ganti baju. Daripada di mal atau arcade bikin pusing. Aku dan anak-anak juga nggak terlalu suka tempat yang bising," ujar Sharena.
Quality Time Bareng Anak, Sharena Ikutan Coba Permainan RyshakaQuality Time Bareng Anak, Sharena Ikutan Coba Permainan Ryshaka/ Foto: Instagram @mrssharena


Terkait hal itu, di kesempatan yang sama psikolog anak, Ayoe Sutomo MPsi Psikologi menambahkan, menjadi tantangan tersendiri bagi pasangan orang tua yang sibuk untuk meluangkan waktu bersama anak. Mereka harus pintar menyisihkan waktu untuk dihabiskan bersama keluarga.

"Waktu orang tua sudah abis ditambah energinya juga habis setelah bekerja. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah niat, boleh dipilih waktunya sebelum berangkat atau setelah pulang kantor. Tapi dicari yang paling pas waktu anak masih segar," kata Ayoe.

Hal yang kedua menyangkut kreativitas orang tua. Orang tua yang nggak kreatif, pasti akan selalu kebingungan saat mengajak main anak. Kebanyakan, anak dialihkan ke gadget agar tetap tenang. Padahal orang tua bisa saja mengajak anak bermain dan berdiskusi.

"Cari cara pendekatan komunikasi dengan anak yang baik, jadi orang tua juga perlu kreatif," tutup Ayoe.

(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!