parenting

Manfaat Ajari Anak Renang Sejak Bayi seperti Sharena Delon

Ratih Wulan Pinandu Senin, 19 Aug 2019 17:59 WIB
Manfaat Ajari Anak Renang Sejak Bayi seperti Sharena Delon
Jakarta - Sharena Delon memiliki gaya parenting yang unik nih, Bun. Salah satunya mengajari dan membiasakan anak bisa berenang sejak dini.

Anak kedua, Sea Dedari Situmorang, sudah diajari renang meski baru berusia 10 bulan. Melalui video yang diunggah di akun Instagram miliknya, Sea sedang menggerak-gerakan kaki saat dimasukkan ke air.

Wajahnya juga terlihat tenang, dan enggak panik meski berada di dalam air. Tapi tenang, Bun, Sharena berada di sampingnya yang dengan sigap mengangkat Sea beberapa saat kemudian. Jadi, jangan bayangkan renang yang dilakukan Sea seperti orang dewasa pada umumnya ya.


Melalui caption, istri Ryan Delon ini menjelaskan tujuan mengajari anaknya renang sejak bayi. Menurutnya, hal itu penting dilakukan untuk menjaga keselamatan anak-anaknya saat berada di dekat air.

Sehingga, mereka bisa menyelamatkan dirinya sendiri saat kecemplung ke dalam air. Minimal mencari pinggiran untuk pegangan, dan naik tanpa merasa panik terlebih dulu.

[Gambas:Instagram]

"My waterbaby, hebat euy kalo dinyelemin slalu reflek berusaha berenang keatas! Getting closer to our goal yaitu safety being near or in the water. Instinct Sea terus dilatih untuk "menyelamatkan diri" kalo kecemplung...harus naik dan cari pinggiran buat pegangan, tulis Sharena.

Lebih lanjut, bunda dua anak itu menceritakan kalau saat ini, Sea sudah berada pada tahapan level dua lho. Cara mengajari renangnya pun dilakukan dengan suasana yang menyenangkan. Dimana sang anak bisa bermain-main setelah menyelam.

Jadi, tidak dimasukkan ke dalam air secara terus-menerus setelah menyelam. Sehingga dijamin tanpa membuat anak merasa megap-megap. Bahkan, mereka punya timer untuk mencegah anak kelamaan di dalam air. Mau mencobanya juga, Bun?

Melansir Health Line, mengajari bayi berenang saat mereka belum bisa berjalan bukanlah hal yang mustahil. Justru, kegiatan itu dapat menciptakan miliaran neuron baru saat bayi menendang, meluncur, dan menampar air.

Berenang dipercaya dapat meningkatkan fungsi kognitif bayi. Gerakan lintas-pola bilateral yang menggunakan kedua sisi tubuh untuk melakukan tindakan, dapat membantu otak bayi tumbuh. Gerakan ini juga membangun neuron di seluruh otak, terutama di corpus collasum.

Nantinya bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan membaca, perkembangan bahasa, pembelajaran akademik, hingga kesadaran spasial.

Sebuah penelitian, dilansir Medical News Today, juga menunjukkan bahwa bayi yang berenang selama dua jam dalam seminggu, dari usia 2 - 3 bulan sampai 7 bulan memiliki perkembangan yang berbeda. Berenang dapat membantu bayi melakukan jungkir balik di atas tingkat mengambang, membuat bayi menyelam di bawah air, melompat dari tepian kolam, dan menyeimbangkan di tangan orang tua sambil mengambil benda-benda mengambang.

"Kami melihat dengan jelas bahwa perenang bayi adalah yang terbaik dalam latihan yang berhubungan dengan keseimbangan dan kemampuan meraih sesuatu," ungkap seorang profesor psikologi di Universitas Sains dan Teknologi Norwegia (NTNU), Hermundur Sigmundsson.

Simak juga yuk, Bun, keseruan anak belajar berenang, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi