parenting

Selain Menghangatkan, Simak 4 Manfaat Jahe bagi Anak

Asri Ediyati Kamis, 13 Dec 2018 09:55 WIB
Selain Menghangatkan, Simak 4 Manfaat Jahe bagi Anak
Jakarta - Musim hujan membuat udara semakin dingin. Kalau udara dingin, rasanya ingin mengonsumsi yang hangat-hangat seperti jahe kan, Bun? Selain untuk bumbu dapur, jahe, bisa diolah jadi minuman hingga obat tradisional rumahan.

Selain memiliki efek yang baik untuk orang dewasa, ternyata jahe juga memiliki manfaat bagi anak-anak yang mengonsumsinya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut empat manfaat konsumsi jahe bagi anak.

1. Meningkatkan nafsu makan dan meredakan sembelit

Jahe mendorong sekresi air liur dan jus lambung (gastric juice) meningkatkan nafsu makan dan pencernaan anak. Komponen aktif yang ada di dalam jahe merangsang pencernaan dan penyerapan. Jahe bisa meredakan sembelit dan perut kembung dengan meningkatkan aktivitas otot di saluran gastro-intestinal (GI).

Jahe adalah agen anti-emetik (mencegah mual dan muntah), dan sangat berguna selama perjalanan penyakit pada anak-anak. Jahe dapat mengobati gangguan makan pada anak. Selain itu, jahe memiliki dampak positif pada metabolisme nutrisi.

"Jahe memiliki efek anti-spasmodik yang membantu meredakan kontraksi otot di perut yang menghasilkan mual," jelas Dr McClafferty dikutip dari Parents.


2. Memiliki antibakteri

Jahe memiliki antibakteri yang kuat, dan memiliki sifat antijamur pada tahapan taraf tertentu. Sebuah studi menunjukkan zat yang terkandug dalam jahe dapat menghambat pembiakan bakteri berbahaya. Seperti Escherichia coli, Staphylococci, Streptococci dan Salmonella. Demikian dikutip dari Parenting Circle.
Selain Menghangatkan, Simak 4 Manfaat Jahe bagi AnakFoto: iStockSelain Menghangatkan, Simak 4 Manfaat Jahe bagi Anak/
3. Melancarkan peredaran darah

Jahe adalah stimulan sirkulasi darah yang kuat. Kandungan dalam jahe memberi efek stimulasi pada otot jantung untuk mengencerkan darah dan meningkatkan sirkulasi darah. Sirkulasi yang meningkat diyakini dapat meningkatkan aktivitas metabolik seluler, sehingga berkontribusi terhadap efek anti-inflamasi dan anti-spasmodik (meredakan kram otot).

4. Mencegah infeksi pernapasan

Kandungan dalam jahe juga bisa mencegah infeksi pernapasan. Ketika tanda-tanda awal flu mulai muncul pada anak, berilah secangkir minuman jahe panas. Jahe dapat membantu meredakan hidung tersumbat dan juga menstimulasi hati untuk mengeluarkan racun dari aliran darah. Jahe merupakan ekspektoran antiseptik yang meredakan batuk anak.

(aci/aci)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi