parenting

Tips Memilih Hotel Aman Untuk Liburan Keluarga

Yuni Ayu Amida Minggu, 23 Dec 2018 17:11 WIB
Tips Memilih Hotel Aman Untuk Liburan Keluarga
Jakarta -

Liburan akhir tahun akan tiba nih, Bun. Sudah merencakan berlibur kemana? Melihat banyaknya bencana yang terjadi saat ini, ada baiknya ketika berlibur pastikan memilih tempat menginap yang standarisasi keamanannya terjamin.


Psikolog anak dan keluarga dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia, Vera Itabiliana, mengatakan family quality time merupakan momen penting untuk keluarga. Momen ini tidak boleh dilewatkan dan harus dilakukan secara tepat.


"Jadi bukan asal ngumpul bareng di meja makan tapi asik sendiri-sendiri. Jadinya paralel kan. Itu bukan family quality time," tutur Vera dikutip dari detikcom.

Vera menjelaskan bahwa family quality time adalah momen bersama keluarga yang dilakukan bersama dengan aktivitas yang menyenangkan. Bisa juga dengan mengajak keluarga jalan-jalan atau liburan ke tempat yang sebelumnya belum pernah dituju untuk membuat pengalaman baru.

Ilustrasi liburanIlustrasi liburan Foto: Istock



Dikutip dari Safety Kids Indonesia, berikut ini beberapa keamanan yang mesti Bunda perhatikan sebelum memilih hotel untuk menginap keluarga.


1. Kamar
Pilih kamar di lantai rendah, agar proses evakuasi lebih mudah, cari yang dekat dengan pintu atau jalur darurat. Jangan lupa tanyakan potensi bencana alam seperti gempa, tsunami, dan erupsi gunung.

Selain itu, pastikan ada petunjuk keadaan darurat dan jalur evakuasi biasanya di balik pintu. Bel di luar kamar mudah dijangkau anak, sistem door lock mudah buat anak. Jendela kamar dikunci atau ada teralis, dan tidak dapat terbuka. Pastikan kamar mandi tidak licin, serta TV tidak mudah dijangkau anak kecil.

2. Lorong Lantai
Terdapat Alat Pemadam Api Ringan (APAR), hydrant dan pintu emergency. Rambu Jalur evakuasi terlihat jelas, serta di langit-langit lorong terdapat alarm kebakaran, sprinkler, dan CCTV.

Ilustrasi hotelIlustrasi hotel Foto: (Thinkstock)


3. Kolam renang
Jika hotel memiliki fasilitas kolam renang, pastikan terdapat peraturan kolam renang yang mudah dibaca. Ada batasan jelas antara area anak dan dewasa. Ada life guard on duty. Terlihat pelampung penyelamat, terdapat peralatan P3K dan tidak terlalu licin.

[Gambas:Video 20detik]

(yun/ziz)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi