sign up SIGN UP search


parenting

Liburan ke LN bareng Keluarga Saat Pandemi? Cek 14 Negara Ini, Bun!

Erika Dyah Kamis, 14 Oct 2021 12:20 WIB
liburan keluarga caption
Jakarta -

Pandemi yang sudah berlangsung hampir 2 tahun belakangan membuat kita mau tak mau tak lagi asing dengan kehadiran virus Corona. Sehingga, kebiasaan baru perlu terus dilakukan supaya terhindar dari bahaya virus, termasuk untuk urusan wisata bareng keluarga.

Beradaptasi dari kondisi pandemi, para pelaku wisata perlahan menyesuaikan diri dengan keadaan ini. Sedikit demi sedikit, mulai banyak destinasi pariwisata yang buka dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Kondisi ini membuat Bunda bisa mempertimbangkan agenda liburan bersama keluarga, serta mengajak si kecil merasakan pengalaman liburan.

Tak hanya destinasi lokal, beberapa negara berikut ini pun sudah mulai terbuka dengan turis asing, termasuk WNI. Untuk Bunda yang berminat liburan ke luar negeri bersama keluarga, 14 negara berikut kini sudah bisa dikunjungi tentunya dengan protokol kesehatan yang ketat.


Bunda juga bisa pesan tiket penerbangan mulai dari sekarang, salah satunya melalui maskapai yang sudah open untuk penerbangan luar negeri, yakni Sriwijaya Air.

Ingin tahu negara mana saja yang sudah terbuka untuk turis Indonesia? Cek daftarnya berikut ini, Bun!

1. Dubai/Uni Emirat Arab

Untuk Bunda dan keluarga yang memiliki budget tabungan buat liburan lumayan besar, Dubai bisa jadi pilihan berlibur sekeluarga. Mengingat, tempat ini sudah bisa menyambut turis asing tanpa karantina.

Bunda juga tidak diharuskan vaksin terlebih dahulu buat masuk ke Dubai. Cukup pakai hasil test PCR COVID-19, Bunda dan keluarga sudah bisa masuk ke negara yang menawarkan beragam kemewahan ini.

2. Amerika Serikat

Hingga detik ini belum ada regulasi wajib vaksin bagi turis yang akan datang ke Amerika Serikat. Pasalnya, negara Paman Sam sendiri sudah menyediakan vaksin gratis. Tak hanya buat warganya, tetapi juga turis yang ada di sana. Tersedia pilihan vaksin gratis di Amerika Serikat, mulai dari jenis Moderna, Johnson dan Pfizer.

3. Jerman

Berbeda dengan Amerika, Jerman mewajibkan turis asing buat vaksin secara lengkap bila ingin berkunjung ke negara ini. Selain itu, Bunda dan keluarga juga perlu menjalani karantina selama 10 hari ketika sudah sampai di Jerman.

Meski demikian, Bunda tak perlu khawatir sebab semua jenis vaksin yang dipakai akan diterima di negara ini. Namun, Bunda juga perlu pastikan untuk menyertakan hasil PCR negatif COVID-19.

4. Finlandia

Finlandia punya regulasi untuk kedatangan turis yang lebih longgar dibandingkan Jerman. Sebab, Bunda dan keluarga tidak perlu tes PCR COVID bila sudah vaksin hingga dosis kedua.

Namun, jika Bunda dan keluarga baru mendapat vaksin tahap pertama, maka Bunda perlu menunjukkan bukti tes PCR COVID-19 ke petugas imigrasi atau bisa juga ikuti tes PCR di Finlandia sesaat setelah tiba.

5. Maldives

Negara dengan keindahan baharinya, Maldives, tent sangat menggoda untuk dikunjungi setelah sekian lama tidak berlibur karena pandemmi. Diketahui, Pemerintah Maldives mengharuskan turis asing untuk melakukan tes PCR sebelum dan sesudah keberangkatan. Serta melakukan karantina selama 10 hari sejak kedatangan.

6. Spanyol

Kangen dengan suasana Spanyol dan segala budayanya yang unik? Tak perlu tunggu lama, sebab Bunda dan keluarga kini sudah bisa mendatangi negara ini dengan berbekal sertifikat vaksin. Selain itu, tidak dibutuhkan syarat translasi dokumen vaksin ke bahasa Inggris. Mudah bukan?

7. Swiss

Swiss jadi salah satu destinasi wisata yang cukup populer di 2021. Keindahan alamnya disebut menjadi idaman para turis yang berasal dari kota metropolitan untuk healing dan bersantai dari kepenatan. Punya rencana ke Swiss? Bunda bisa pesan tiketnya mulai dari sekarang. Cukup tunjukkan bukti vaksin, rencana melancong ke Swiss untuk keluarga bisa lancar bebas hambatan.

8. Turki

Selain Swiss yang sedang happening, ada juga Turki yang ramai dibicarakan. Turki semakin mendapatkan spot di mata pencinta traveling berkat ekspansi budayanya. Beberapa tahun belakangan, drama Turki yang menghiasi layar kaca televisi Indonesia juga punya pengaruh yang signifikan pada preferensi negara favorit untuk berlibur, terutama bagi para Bunda.

Tertarik untuk berlibur ke Turki? Bunda tidak perlu repot melampirkan sertifikat vaksin di sana. Cukup buktikan Bunda dan keluarga bebas dari virus dengan hasil tes COVID-19 yang berlaku maksimal 72 jam sebelum keberangkatan.

9. Singapura

Ingin melihat patung Merlion secara langsung atau menyusuri Orchard Road yang jadi surga belanja? Singapura tentu jawabannya. Bunda bisa pergi ke negara tetangga Indonesia ini dengan melengkapi beberapa persyaratan. Misalnya, karantina selama 14 hari serta tes PCR COVID-19.

10. Afrika Selatan

Afrika Selatan jadi salah satu destinasi liburan yang memperbolehkan WNI masuk. Namun, ada beberapa syarat berlaku yang harus Bunda penuhi. Salah satunya, maskapai yang harus melewati Cape Town terlebih dahulu sebab para turis akan menjalani penyaringan kelayakan masuk dengan menunjukan hasil negatif tes PCR di sini.

11. Prancis

Rindu dengan suasana Paris atau penasaran ingin melihat Eiffel Tower secara langsung? Maka Prancis bisa jadi pilihan untuk liburan bareng keluarga. Negara ini membuka gerbang masuk untuk turis asing selama pandemi. Untuk syaratnya, Bunda mesti menyiapkan hasil tes PCR negatif COVID-19 yang harus disertakan dengan ketentuan maksimal 72 jam sebelum jam keberangkatan.

12. Mesir

Negara Mesir juga salah satu yang membolehkan turis Indonesia berlibur. Namun, Bunda perlu menerjemahkan dokumen sertifikat vaksin sebelum berangkat ke negara ini. Ada dua bahasa sertifikat vaksin yang diterima oleh pihak Mesir, di antaranya adalah sertifikat bahasa Inggris dan Arab.

Sama seperti Prancis, ada syarat tambahan yaitu harus menyertakan tes negatif PCR dalam waktu maksimal 72 jam sebelum keberangkatan.

13. Maroko

Untuk Bunda dan keluarga yang menggunakan vaksin Sinovac atau Astrazeneca, tak perlu pusing bila ingin masuk ke Maroko. Sebab, negara ini sudah menerima semua jenis vaksin dengan syarat sudah dilakukan dalam dosis penuh. Bunda juga tidak perlu pesan jasa penerjemah untuk mengganti bahasa sertifikat vaksin dari Indonesia ke Inggris.

14. Vietnam

Vietnam yang jug tak jauh dari Indonesia ini mulai terbuka untuk turis asing yang ingin berkunjung. Baik untuk keperluan jalan-jalan atau urusan liburan. Namun, pelancong wajib untuk karantina mandiri sekitar 14 hari sebelum bepergian ke fasilitas publik serta diwajibkan untuk menunjukkan sertifikat vaksin di bagian imigrasi.

Itu dia 14 negara yang bisa Bunda jadikan pilihan untuk liburan bareng keluarga meski di tengah pandemi. Walau di tengah waktu berlibur, pastikan untuk selalu menaati protokol kesehatan agar terhindar dari risiko penularan virus Corona. Bunda juga harus selalu mematuhi aturan yang berlaku di setiap negara, agar liburan bisa asyik tanpa masalah.

Nah, biar tidak telat saat menuju ke bandara, Bunda juga bisa pesan blue bird online. Dengan layanan ini, Bunda dan keluarga akan terbebas dari macet serta tak perlu takut ketinggalan pesawat. Tinggal klik klik, beres!

(fas/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!