parenting

3 Tips Rutinitas Tidur Anak Tak Terganggu Saat Liburan

Melly Febrida Rabu, 02 Jan 2019 18:01 WIB
3 Tips Rutinitas Tidur Anak Tak Terganggu Saat Liburan
Jakarta - Liburan sekolah telah tiba. Anak-anak pastinya happy banget ya Bun. Mereka bisa bebas sejenak dari kegiatan sekolah. Eits, tapi karena jam tidur berubah selama libur, biasanya ketika masuk sekolah lagi, butuh perjuangan bagi anak deh.

Ellie Bila, Koordinator Triple P (Positive Parenting Program) untuk Alamance dan County Durham, berbagi tips dan strategi agar Bunda sekeluarga melewati liburan dengan lancar. Kemudian, supaya anak tetap semangat ketika liburan usai, seperti dilansir Time-News:

1. Jadwal rutin


Ellie bilang, anak-anak berkembang dengan hal-hal yang rutin, Bun. Memiliki rutinitas yang teratur membantu mereka merasa aman dan mau belajar. Selama liburan, cobalah tidak menghilangkan rutinitas yang selama ini diterapkan.

2. Jam tidur

"Ketika anak-anak libur coba agar menjaga kemiripan rutinitas. Bunda bisa saja memberikan aturan ringan kepada anak-anak. Misalnya saja waktu tidur yang sedikit lebih lambat atau bangun lebih siang. Tapi, usahakan untuk mempertahankan rutinitas jam tidur dan bangun seperti sewaktu sekolah," kata Ellie.

Selain itu, kalau anak-anak sudah terbiasa menyiapkan pakaian sekolah sebelum tidur, minta mereka terus melakukannya. Kalau anak usianya lebih kecil dan memiliki jam makan serta tidur siang yang rutin, cobalah untuk konsisten. Tapi, Ellie mengingatkan, mereka mungkin membutuhkan tidur siang yang lebih lama karena stimulasi yang berlebihan.
ilustrasi anak tidurilustrasi anak tidur/ Foto: thinkstock
3. Beri tahu jadwal

Sebisa mungkin, cobalah beri tahu apa yang telah Bunda jadwalkan ke anak. Kata Ellie, ini adalah taktik yang sangat bagus ketika Bunda akan mengunjungi keluarga atau menjamu tamu.

"Bunda bisa menulis jadwal di kalender atau di tempat yang gampang terlihat. Coba ingatkan anak sebelum tidur tentang kegiatan hari berikutnya. Sehingga, rutinitas mereka tetap terjaga," tutur Ellie.

Sementara itu, psikolog anak dan remaja Alzena Masykouri, M.Psi, juga mengatakan anak-anak perlu pembiasaan kembali ke rutinitas sekolah sebelum mengakhiri masa liburannya, Bun. Misalkan, bisa dengan mulai mengatur kembali jam tidur dan bangun, lalu kembali menjalani aktivitas yang biasa dilakukan.

"Ketika libur, mungkin boleh mandi jam 8 pagi, tapi seminggu sebelum mulai sekolah, jam 6 harus sudah selesai mandi, misalnya," kata wanita yang akrab disapa Zena kepada detikcom.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi