parenting

Daftar Asupan yang Bisa Bikin Anak Susah Tidur

Melly Febrida Jumat, 22 Mar 2019 17:30 WIB
Daftar Asupan yang Bisa Bikin Anak Susah Tidur
Jakarta - Makanan manis seperti cokelat disukai siapa saja, terutama anak-anak. Namun, baiknya, hindari membiarkan si kecil mengonsumsi cokelat sebelum dia tidur ya, Bun.

Ahli Metode Gentle Parenting, Sarah Ockwell-Smith dalam bukunya The Gentle Sleep Book menjelaskan, prinsipnya ada sejumlah zat dalam makanan yang secara konsiten berhubungan dengan masalah tidur pada anak-anak. Zat tersebut yakni pewarna buatan, perasa buatan, kafein dan monosodium glutamat.

"Menghilangkan pewarna buatan, khususnya tartrazine, dari makanan anak terbukti mengurangi gangguan tidur," kata Ockwell-Smith.

Dia menjelaskan, tartrazine yang juga dikenal sebagai E102 adalah pewarna makanan yang sangat umum digunakan terutama untuk makanan berwarna kuning. Tartrazine sering menemukannya dalam es krim, es loli, jeli, keripik, sereal, biskuit, dan permen.



Kata Ockwell-Smith, penelitian tahun 1994 di sebuah rumah sakit anak di Australia menemukan kegelisahan dan gangguan tidur berhubungan dengan penggunaan tartrazine. Penelitian sebelumnya menjelaskan, konsumsi asupan yang mengandung tartrazine sebelum tidur justru bikin anak sulit memejamkan mata.

Zat lain, yang dikenal sebagai salisilat, disebut juga memberi pengaruh negatif pada tidur anak. Salisilat terkandung secara alami pada tanaman, termasuk apel, jeruk, kacang polong, anggur merah, tomat dan biji kakao yang jadi bahan pembuat cokelat.

Ilustrasi anak susah tidurIlustrasi anak susah tidur/ Foto: iStock
Sayangnya, bukti ilmiah tentang pengaruh salisilat pada tidur anak sangat sedikit. Selain itu, banyak orang tua melaporkan terlalu banyak konsumsi gula membuat anak-anak mereka jadi lebih hiperaktif dan berdampak negatif pada pola tidurnya.

"Untuk itu, penting bagi orang tua memperhatikan asupan yang dikonsumsi anak sebelum tidur, karena keduanya amat berkaitan. Seperti makanan penutup yang mengandung cokelat. Tak hanya mengandung gula dan salisilat tapi juga kafein, yang merupakan stimulan anak susah tidur. Jadi, lebih baik dibatasi atau diubah waktu konsumsinya, jangan jelang tidur," papar Ockwell-Smith.



Makan sebelum tidur memang tidak dianjurkan oleh pakar. Selain karena perut jadi penuh, metabolisme tubuh saat mencerna makanan pun akan mengganggu proses tidur. Mengutip detikcom, cokelat hitam yang pahit mengandung kafein tinggi, setara dengan satu per empat cangkir kopi. Mengonsumsi cokelat hitam bisa membuat seseorang terjaga sepanjang malam.

Seperti diketahui, kafein merupakan stimulan yang memengaruhi sistem saraf pusat. Jika dikonsumsi sebelum tidur, mata bisa sulit terpejam. Kemudian, ada baiknya hindari konsumsi kopi, teh, soda dan cokelat sebelum tidur ya, Bun.

[Gambas:Video 20detik]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi