parenting

Bunda Perlu Tahu, Begini Lho Cara Pandang Anak Terhadap Orang Tua

Melly Febrida Jumat, 18 Jan 2019 08:13 WIB
Bunda Perlu Tahu, Begini Lho Cara Pandang Anak Terhadap Orang Tua
Jakarta - Tuntutan untuk bisa melakukan segala hal dan memastikan semua berjalan dengan sempurna sudah menjadi rutinitas para orang tua. Tak heran jika seringkali Ayah atau Bunda pun merasa stres.

Tapi tahukah Bunda bahwa pada dasarnya anak tak terlalu ingin kesempurnaan tersebut? Seringkali yang diharapkan oleh anak hanya kehadiran orang tua lho, Bun.

Ya, anak tidak membutuhkan kesempurnaan orang tua, tapi justru saat orang tua mau berusaha untuk menjadi yang terbaik, tak masalah jika mereka juga melakukan kesalahan-kesalahan kecil.


Jadi, jangan terlalu menyalahkan diri sendiri saat semua tidak berjalan seperti yang direncanakan ya, Bun. Percayalah bahwa kehadiran Ayah dan Bunda sudah menjadi anugerah bagi anak.


Meskipun menjadi orang tua rasanya melelahkan, namun sebenarnya ada banyak manfaat kesehatan dari peran ini. Sebuah studi terbaru yang dilakukan di Brigham Young University menemukan bahwa menjadi orang tua dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Tim peneliti menemukan, pasangan yang memiliki anak secara signifikan memiliki tekanan darah lebih rendah, dibandingkan mereka yang tanpa keturunan. Bunda juga jadi lebih aktif bergerak karena anak-anak melakukan berbagai jenis kegiatan dan menyehatkan sepanjang hari.

ilustrsi anakilustrsi anak/ Foto: Istock
Tak hanya itu Bun, peneliti di Taiwan's Mental Health Foundation juga menemukan bahwa kehadiran anak-anak bisa membuat orang tua tetap sehat secara mental.

"Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki anak lebih bahagia, memiliki kepuasan yang lebih besar dan kesejahteraan emosional daripada yang tanpa anak," kata Tom Yang, peneliti utama studi tersebut, seperti dilansir Foxnews.

(rdn/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi