parenting

5 Manfaat Kandungan Susu Bantu Tingkatkan Kesehatan Anak

Muhayati Faridatun Kamis, 31 Jan 2019 17:05 WIB
5 Manfaat Kandungan Susu Bantu Tingkatkan Kesehatan Anak
Jakarta - Produk susu menjadi salah satu asupan yang dikonsumsi sebagian besar anak di Indonesia. Mungkin buah hati Bunda salah satunya? Nah, Bunda perlu tahu nih manfaat apa yang didapat kalau anak mengonsumsi produk susu. Simak ya!

Dilansir Living and Loving, produk susu merupakan sumber utama kalsium dalam makanan kita, yang dibutuhkan untuk membangun tulang dan gigi yang sehat. Susu juga sumber protein dan kalsium yang ideal, serta mengandung berbagai vitamin dan mineral penting.


Seperti dijelaskan dalam artikel berjudul 5 nutrisional benefits of milk for kids, berikut manfaat gizi yang terkandung dalam susu:


1. Lawan penyakit
Minum susu dikatakan bisa menjaga tekanan darah dan mengurangi risiko stroke, serta masalah yang berhubungan dengan jantung. Susu juga dapat mengurangi migrain dan jumlah kolesterol yang diproduksi tubuh, untuk mencegah penyumbatan arteri.

2. Kesehatan tulang dan gigi
Susu merupakan salah satu sumber kalsium yang penting bagi kesehatan dan tulang yang kuat. Anak-anak nggak hanya membutuhkannya saat sedang tumbuh, tapi orang dewasa juga perlu menjaga tulang tetap kuat, serta mencegah osteoporosis, kondisi yang disebabkan kekurangan vitamin D atau kalsium.

"Untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang baik, anak harus dicukupi kebutuhan kalsiumnya. Sejak kecil, dibiasakan diberi susu, ketika beranjak besar, butuh juga makanan tambahan," ujar Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga, drg Kartini Rustandi, M.Kes.

Ilustrasi anak minum susu/ Ilustrasi anak minum susu/ Foto: Thinkstock
3. Kulit sehat dan bercahaya
Susu mengandung banyak nutrisi yang membantu kulit dalam kondisi baik. Kandungan asam laktat bisa bertindak sebagai exfoliator (pengangkat sel kulit mati), juga enzim-enzim yang bisa membuat kulit lebih halus. Sementara kandungan asam amino dapat membantu menjaga kelembaban kulit.

4. Kekuatan otot
Protein yang terkandung dalam susu membantu membangun kembali fungsi otot. Setelah berolahraga, atau anak terlalu banyak aktivitas fisik, akan membantu terhidar dari rasa sakit, serta mengisi kembali cairan yang hilang selama gerak.

5. Pemacu energi
Susu mengandung vitamin dan mineral, yang bisa memacu energi dan merevitalisasi tubuh setelah seharian penuh beraktivitas. Selain itu, minum segelas susu hangat juga membantu menenangkan otot, ketegangan saraf dan menghilangkan stres.


Selain itu, ada juga nih manfaat susu untuk menjaga penampilan Bunda, jika dikonsumsi secara benar dan dalam jumlah cukup. "Susu juga bisa membantu melangsingkan tubuh," tegas pakar nutrisi Emilia Achmadi, MS, RD, dikutip dari detikcom. (muf/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi