parenting

Mengenal Kanker Darah Seperti Diidap Ani Yudhoyono

Annisa Karnesyia Rabu, 13 Feb 2019 14:00 WIB
Mengenal Kanker Darah Seperti Diidap Ani Yudhoyono
Jakarta - Ani Yudhoyono masih menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Singapura. Awalnya, belum diketahui penyebab sakitnya ibu dari Agus Harimurti dan Edhie Baskoro itu.

Suami Ani Yudhoyono, Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), akhirnya angkat bicara soal kondisi sang istri, melalui rekaman video. Langsung dari Singapura, SBY mengungkap bahwa sang istri mengidap kanker darah.

"Dengan rasa prihatin, saya sampaikan kepada para sahabat di Tanah Air, Ibu Ani mengalami blood cancer atau kanker darah. Karenanya, harus menjalani pengobatan dan perawatan yang intensif di National Universtiy Hospital Singapura," kata SBY, seperti dilansir detikcom, Rabu (13/2/2019).


Sejak 2 Februari 2019, Ani Yudhoyono telah menjalani pengobatan di Singapura atas rekomendasi tim dokter Kepresidenan Indonesia. SBY pun selalu setia mendampingi perempuan 66 tahun tersebut. SBY juga mengucapkan terima kasih pada semua pihak yang sudah mendoakan sang istri.
Ani Yudhoyono dan keluargaAni Yudhoyono dan keluarga Foto: Ani Yudhoyono dirawat di Singapura (Instagram Annisa Pohan)

Bicara kanker darah seperti dialami Ani Yudhoyono, beberapa kanker menyerang sel tubuh melalui darah dan gejalanya datang perlahan. Bahkan bagi sebagian orang sama sekali tidak merasakan gejalanya.

Dikutip dari Cancer Treatment Centers of America, beberapa gejala umum kanker yang mudah dikenali seperti demam, mual, nyeri pada tulang, kelelahan, dan berat badan yang menurun drastis.

Kanker darah disebabkan sel darah abnormal tumbuh dan tidak terkontrol dalam tubuh. Ini mengganggu fungsi sel darah yang harus melawan infeksi dan di saat bersamaan memproduksi sel darah yang baru.

"Sistem imun tubuh mengenali sel kanker sebagai benda asing. Akibatnya, sistem imun menjadi lemah karena tidak mampu melawan sel kanker tersebut," kata Dr.Colin Phipps Diong, konsultan spesialis kanker darah dari rumah sakit Parkway Cancer Centre.


Beberapa pengobatan untuk penderita kanker darah di antaranya adalah kemoterapi, terapi radiasi dan transpalasi batang sel. Pengobatan medis seperti itu memang sangat penting bagi pengidap kanker, Bun. Tapi, salah satu yang juga dibutuhkan adalah peran keluarga dalam proses penyembuhan.

Dilansir Psychology Today, memberikan dorongan pada keluarga untuk membantu proses penyembuhan juga penting. Salah satunya dengan mengajarkan apa yang dibutuhkan pasien saat mengalami kondisi darurat tertentu.

[Gambas:Video 20detik]

(ank/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi