parenting

10 Petuah yang Bisa Bunda Beri Saat Si Anak Gadis Beranjak Remaja

Amelia Sewaka Minggu, 17 Feb 2019 12:30 WIB
10 Petuah yang Bisa Bunda Beri Saat Si Anak Gadis Beranjak Remaja
Jakarta - Waktu berjalan sangat cepat, sampai kadang kita tak menyadarinya. Rasanya baru kemarin melahirkan si kecil, tak terasa kini ia sudah bisa berjalan. Pernah kebayang enggak sih, Bun, anak perempuan kita akan menjadi anak yang seperti apa ketika dewasa nanti?

Fase remaja atau pubertas adalah fase di mana orang tua harus ekstra hati-hati. Berbeda dengan anak-anak zaman dekade lalu, anak-anak zaman sekarang lebih cepat mengalami masa pubertas karena faktor kemajuan teknologi dan perkembangan zaman.

Psikolog anak dan remaja, Ratih Zulhaqqi, mengatakan usia masa pubertas kini sudah bergeser. Pada anak perempuan, jamak terjadi pada usia 9 atau 10 tahun.

"Yang pertama, anak perlu edukasi seks tentang menstruasi itu apa sih? Jadi perlu tahu ilmunya dulu, oh ternyata peluruhan sel darah merah. Di beberapa sekolah, di kelas 4, 5, dan 6 SD sudah memfasilitasi anak-anaknya dengan edukasi seks, karena sudah banyak anak kelas 4 SD yang mens," ujar Ratih dilansir detikcom.


10 Petuah yang Bisa Bunda Beri Saat Si Anak Gadis Beranjak RemajaFoto: iStock
Membantu menghadapi masa pubertas anak adalah hal penting yang dilakukan orang tua. Baik ibu maupun ayah, jadilah sahabat bagi anak perempuannya. Meski anak sering kali merasa malu berbagi masalah yang terjadi, buatlah sesuatu yang menyenangkan dengan memberi motivasi yang positif dan edukatif.

Karena itu, sebelum mereka beranjak dewasa, beberapa hal ini mungkin bisa Bunda katakan ke putri tercinta seperti dilansir Huffington Post. Agar secara psikologis, tumbuh kembang putri Bunda juga baik. Simak bersama yuk.

1. Bukan tugasmu, Nak, untuk membuat semua orang bahagia. Dan memang bukan tugas siapa-siapa baik itu Bunda, Ayah atau teman-temanmu.

2. Kekuatan fisik adalah kekuatan utamamu. Silakan gunakan tubuhmu untuk berlari, melompat, memanjat dan melompat. Terjatuh dan bangkit lagi, ada manfaat yang bisa kamu rasakan, Nak, baik dari fisik maupun keberanian.

3. Jangan takut untuk menceritakan passionmu. Tak perlu enggan atau malu bercerita tentang apa yang kamu sukai dan apa mimpimu karena takut diledek. Ingat, siapa pun yang menggodamu karena passionmu, itu bukan teman sejati.

4. Tidak apa-apa jika kamu punya pendapat yang berbeda. Beda pendapat itu wajar, semua orang punya sudut pandang dalam memandang sesuatu. Jangan berkelahi karena itu. Dengarkan dan selesaikan. Pandanganmu berharga dan jangan malu untuk mengekspresikannya.

5. Kamu cantik, Nak. Percaya dengan dirimu selalu ya dan tak perlu membandingkan dengan orang lain.




6. Luaskan pengetahuanmu lewat membaca.

7. Kamu, ya kamu. Memang kamu mirip Bunda, tapi kamu tetaplah kamu. Dan kamu yang paling tahu dan kenal dirimu sendiri.

8. Dunia ini bukan tentangmu seorang. Sebagai manusia yang merupakan makhluk sosial, kita pun harus tahu bagaimana keadaan di luar sana. Mungkin saat ini kamu mengeluh dengan kehidupanmu yang sekarang, tapi di luar sana masih banyak sekali orang yang lebih kurang beruntung daripada kamu.

9. Andalkan dirimu sendiri. Tak ada yang bisa kamu andalkan selain dirimu sendiri. Karena itu berhati-hatilah saat memberi kepercayaan atau 'kekuatan' pada orang lain.

10. Bunda mencoba jadi ibu yang baik. Bunda tahu kadang bisa jadi orang yang tak sabar lalu membentak, dan Bunda minta maaf. Bunda mencintaimu dan saudaramu lebih dari apapun di dunia ini. Apapun yang terjadi padamu, Bunda akan selalu mencintaimu.

[Gambas:Video 20detik]



(aml/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi