parenting

Anak Mulai Jadi Peniru Ulung, Virgoun Hati-hati dalam Bertindak

Amelia Sewaka Minggu, 24 Feb 2019 11:36 WIB
Anak Mulai Jadi Peniru Ulung, Virgoun Hati-hati dalam Bertindak
Jakarta - Anak itu peniru yang ulung. Ya, ini dirasakan sendiri oleh penyanyi Virgoun dari perilaku yang dimunculkan sang putri, Starla Rhea Idola Virgoun.

"Iya anak itu kan peniru yang baik, kadang hal ini suka bikin saya berantem sama istri. Misal, kayak istri lagi ingin mesra sama saya, kadang dia refleks suka mukul sambil bercanda gitu dan Starla lihat. Eh, dia tiru dan akhirnya mukul saya juga. Padahal dia enggak ngerti juga kan," ungkap Virgoun saat ngobrol dengan HaiBunda, belum lama ini.

Virgoun agak kebingungan untuk menyikapi perilaku sang putri. Apalagi si kecil Starla masih berusia 3,5 tahun dan memang agak sulit menjelaskan beberapa hal ke anak usia ini ya, Bun.


"Bingung sih. Gimana caranya nih biar dia enggak begini, mau marahin enggak mungkin. Mau jelasin juga masih sulit cerna pasti anak segini, ya akhirnya tetap saya jelasin. Ditambah saya mengurangi perilaku yang seperti itu, dan saya juga bilang ke Inara (istri) jangan mukul-mukul di depan anak nanti ditiru. Bahaya lagi kalau begini di depan anak laki-laki kan," tutur ayah dua anak ini.


Tapi jangan salah, di usianya yang masih imut-imut, Starla sudah pintar mengomeli Virgoun lho. Penyebabnya karena si ayah malas mandi. He-he-he, bisa saja deh Starla.

Untuk anak keduanya, Virgoun mengakui belum terlalu dapat bonding dengan jagoan kecilnya. Belum seperti bonding dengan Starla yang selalu dia rindukan di awal-awal kelahiran bahkan sampai home-sick. Meski demikian, sebagai ayah sudah pasti Virgoun tetap sayang pada si kecil Faithlee As-sya'ir.

"Ya mungkin karena masih terlalu kecil juga, belum bisa diajak ngapa-ngapain. Masih cuma nangis dan bangun tengah malam, jadi belum bisa interaksi. Mungkin nanti ketika dia sudah berusia 2 sampai 4 bulan bisa diajak bercanda, ya obat kangen saya paling video call," tutur Virgoun.

Bicara soal anak peniru ulung, ini berhubungan dengan pola asuh orang tua lho, Bun. Dikatakan Deny Hen MM CLC, founder Pembelajar Hidup yang juga life and marriage coach, great parenting start from great marriage.


"Begini, ketika mau mendidik anak dengan baik otomatis anak pasti melihat contoh nyatanya dong, alias orang tuanya sendiri. Anak itu jarang mengingat apa yang kita omongin, tapi jangan lupa anak itu peniru ulung dan pengingat yang baik. Gimana mau menerapkan pola asuh anak yang baik kalau ortunya sendiri sering ribut di rumah?" papar Deny Hen.

Suatu parenting style atau pola asuh anak yang baik berasal dari pernikahan yang baik pula. Karena itu, coba Ayah dan Bunda mulai 'mengerem' kebiasaan-kebiasaan kurang baik di depan buah hati agar tak ditiru ya.

[Gambas:Video 20detik]

(aml/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi